Jembatan Sewo Pantura Mau Lewat Nyapu Dulu

Jembatan Sewo Pantura Mau Lewat Nyapu Dulu

jenishantudunia.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Jembatan Sewo Pantura Mau Lewat Nyapu Dulu.Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Jembatan Sewo Pantura Mau Lewat Nyapu Dulu.

Bagi kamu yang sering melewati atau setidaknya pernah melintas di jalur pantura, maka tak akan asing dengan nama Jembatan Sewo. Saat melintas di jembatan ini, jangan kaget jika melihat banyak orang berjajar dan memegang sapu.Bagi kamu yang sering melewati atau setidaknya pernah melintas di jalur pantura, maka tak akan asing dengan nama Jembatan Sewo. Saat melintas di jembatan ini, jangan kaget jika melihat banyak orang berjajar dan memegang sapu.Jembatan Sewo ini berada di perbatasan Kabupaten Subang dan Indramayu, Jawa Barat. Berdasarkan rumor yang berkembang di masyarakat, sungai di bawah jembatan Sewo ini dihuni oleh makhluk halus, mulai Kuntilanak, siluman buaya putih, hingga cerita tentang nyai ronggeng.Saat melintas banyak pengendara yang melemparkan uang ke arah jalan. Entah siapa yang memulai kebiasaan itu dan kapan tepatnya kebiasaan itu dilakukan. Hanya saja, konon kebiasaan itu sudah ada sejak zaman Belanda.

“Kebiasaan itu sudah lama, sejak dulu zaman kakek-nenek saya. Dulu jembatannya masih jelek, sopir membuang uang ke sungai, makanya dinamakan jembatan Sewo. Para sopir melempar uang agar selamta, tidak diganggu makhluk halus,” kata warga setempat, Saadah (60).Menurut Saadah, warga percaya, di antara belasan orang pemegang sapu yang mengais uang dijembatan itu, salah satunya merupakan makhluk halus penghuni jembatan, sisanya warga sekitar.Suatu waktu ada cerita beberapa pengamen datang ke jembatan itu. Mereka bukan warga sekitar sungai itu. Kemudian para pengamen melihat banyak uang di pinggir jalan yang dilempar pengemudi kendaraan, lalu mengambilnya.

“Nah, salah satunya lalu ditabrak mobil, kepalanya pecah,” ungkap Saadah.Para pengemudi yang melintasi jembatan Sewo juga diwanti-wanti untuk tak sesumbar. Jika memang tak percaya dengan mitos itu, maka diam saja. Jangan berbicara macam-macam.Tapi bagi yang percaya, dan ingin selamat dari gangguan makhluk halus di situ, biasanya melempar uang. Makanya kemudian disebut jembatan Sewo.Mitos jembatan Sewo juga lekat dengan tragedi kecelakaan bus transmigran perintis asal Boyolali, Jawa Tengah pada 11 Maret 1974.Ceritanya, para transmigran hendak berangkat ke Sumatera Selatan. Namun nahas, saat melintas di jembatan Sewo, bus mereka terperosok masuk ke dalam sungai, dan terbakar. Sebanyak 67 penumpang tewas, dan hanya tiga anak saja selamat. Ada juga yang bilang satu bayi saja selamat.

Baca Juga : Lakespra Bekas Rumah Sakit Paru Paru

Untuk menghormati kecelakaan tragis itu, warga Boyolali yang melintasi jembatan membaung uang recehan. Belakangan hal itu menjadi tradisi pengemudi yang memercayainya, baik sopir truk, bus, maupun masyarakat umum.Sampai sekarang, penduduk sekitar jembatan memanfaatkan benar tradisi ini. Koin tidak lagi dibuang ke sungai, tapi ke aspal di atas jembatan.

Lakespra Bekas Rumah Sakit Paru Paru

Lakespra Bekas Rumah Sakit Paru Paru

jenishantudunia.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Lakespra Bekas Rumah Sakit Paru Paru. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Lakespra Bekas Rumah Sakit Paru Paru.

Bangunan Lakespra dahulunya diperuntukan sebagai Rumah Sakit penderita par-paru dan TBC. Letaknya berada di Jalan Raya Pacet tepatnya di Kampung Panyaweuyan, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Cianjur. Letak secara astronomis berada di koordinat 06°76´28,8˝ LS 107°05´11,8˝ BT. Luas lahan dari bekas rumah sakit ini ±3,7 ha. Batas wilayahnya pada sisi utara berbatasan dengan Jl. Raya Pacet, sisi timur dengan rumah penduduk, sisi sekatan dengan perkebunan dan sisi barat dengan rumah penduduk. Kepemilikannya saat ini berada di bawah Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara.

Bangunan ini dibangun pada masa Belanda yaitu pada tahun 1919, yang kemudian pada tahun 1987 pengelolaannya diambil alih oelh TNI Angkatan Udara dan difungsikan sebagai rumah sakit paru-paru juga Klinik Pusat Latihan SAR dan Survival, Outbound, serta Sewataud. Komplek bangunan ini juga merupakan gedung kantor PPKAP Pacet. Saat ini komplek Lakespra sudah tidak digunakan kembali dan menjadi komplek bangunan kosong sejak tahun 2004. Bangunan ini pun pernah digunakan untuk lokasi syuting sinetron yang cukup mendapatkan antusiasme yang besar dari penontonnya yaitu Pesantren Rock n Roll.

komplek bekas rumah sakit ini memiliki 10 ruangan yang belum diketahui difungsikan sebagai apa pada masa lalunya. Keadaannya bangunannya pun masih cukup baik, namun ada beberapa bangunan di bagian belakang sudah agak rusak. Seluruh bangunan hampir seluruhnya kosong dan tidak digunakan lagi, hanya ada satu bangunan rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal penjaga komplek ini dan sebuah musholah.

Baca Juga : Istana Para Makhluk Halus

Ada sejumlah tempat angker di Jawa Barat, khususnya di wilayah Cianjur yang bisa Anda baca dalam artikel tempat angker di Cianjur. Namun bagi Bacaterus, bangunan bekas rumah sakit paru-paru inilah yang paling angker.Di bangunan yang berada di kawasan Cipanas ini terdapat berbagai makhluk halus yang mengganggu warga sekitar. Ketika ditelusuri oleh tim Zona Angker, acara misteri di TransVision, bangunan ini dihuni oleh sosok kuntilanak dan makhluk gaib yang menyerupai bola api.Tak hanya itu saja, bangunan bekas rumah sakit paru-paru ini juga dihuni oleh genderuwo berjenis kelamin wanita. Hal ini cukup tabu mengingat biasanya genderuwo berjenis kelamin pria lah yang sering mengganggu manusia.

Istana Para Makhluk Halus

Istana Para Makhluk Halus`

jenishantudunia.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Istana Para Makhluk Halus. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Istana Para Makhluk Halus

Melintasi Jl. Letjen. M.T. Haryono, kamu yang tinggal di Jakarta pasti akan melihat sebuah bangunan tinggi yang megah namun tak ada aktivitas kehidupan di dalamnya. Kalau mengamati dengan sedikit lebih seksama, bangunan tersebut bukanlah bangunan tua, namun terkesan mengerikan karena tak ada kehidupan di dalamnya.Bernama Menara Saidah, bangunan yang resmi dibuka sejak 2001 ini ditinggalkan dan tak difungsikan. Kata masyarakat sekitaran, bangunan ini adalah istananya makhluk tak kasat mata. Mau tahu gimana ngerinya? Yuk disimak artikelnya…

Sempat menjadi pusat perkantoran, semua berubah sejak 2007. Satu persatu perusahaan memilih keluar hingga ditutup tahun 2009 silam
Saat diresmikan tahun 2001 yang lalu, Menara Saidah menjadi salah satu pusat perkantoran yang paling populer di ibukota. Terhitung ada puluhan perusahaan yang sempat menjadi tenant bangunan yang sedari dulu terlihat megah ini. Hal ini dikarenakan letaknya yang strategis dan memiliki bentuk yang sangat megah.Hanya saja, semua berubah semenjak tahun 2007. Satu per satu penghuni bangunan megah ini keluar. Hingga pada 2009 silam, bangunan ini resmi ditutup karena tak ada penghuninya.

Katanya, salah satu masalahnya adalah bangunannya yang miring. Namun ditolak mentah-mentah oleh kontraktornya. Hayo, Kok bisa miring, ya…
Salah satu alasan kenapa banyak perusahaan yang memutuskan untuk keluar adalah karena kondisi fisik bangunannya yang miring. Kemiringan tersebut dinilai berbahaya. “Bisa saja sewaktu-waktu bangunan ini rubuh, kan?” Itu yang ditakutkan oleh penghuninya.Namun, alasan itu dibantah oleh kontraktor dan pengelolanya. Mereka bilang, bangunan ini nggak miring sama sekali saat direnovasi tahun 2000-an silam. Nah, lantas kok bisa penghuninya merasakan kemiringan bangunannya ya?

Kata orang, perkara utamanya disebut-sebut adalah makhluk tak kasat mata. Di seluruh bangunannya ada penunggu yang sering mengganggu…
Setelah bertanya lebih jauh, ternyata yang menjadi alasan utama kepergian para tenant adalah gangguan dari makhluk halus. Ada cerita dari mantan penjaga Menara Saidah ini. Basement bangunan tersebut memang angker. Ia sering mendengar suara usil memanggil. Namun setelah dicek, tak ada siapa-siapa di sana. Dalam gelapnya basement tersebut, terasa ada yang menepuk pundaknya. Begitu ia menoleh, nyatanya tak ada siapa-siapa…Pun demikian juga dengan kisah dari dalam lift bangunan ini. Banyak yang berasumsi bahwa lambatnya lift tersebut karena ia dihuni oleh banyak makhluk tak kasat mata. Sesekali ada yang menemui sosok dalam lift yang mengaku sebagai penumpang lift. Namun begitu pintu dibuka, nyatanya tak ada penumpang lain dalam lift tersebut.

Nah, yang paling tenar jelas hantu wanita berbaju merah yang gentayangan di lantai 3 bangunan megah ini. Konon katanya, saat kamu menginjakkan kaki di lantai 3, ada aura menyeramkan yang bakal kamu rasakan. Puncaknya, saat malam tiba, kamu akan melihat sesosok hantu wanita berbaju merah di sana. Katanya, setelah hantu berbaju merah tersebut nampak, kamu bakal melihat keramaian dalam gedung yang sudah ditutup sedari 2009 silam ini.Usut punya usut, bangunan tersebut disebut berdiri di atas lahan kuburan.

Baca Juga : Studio Alam TVRI Penuh Dengan Aura

Masyarakat sekitar bilang banyak jenazah yang nggak dipindahkan
Mungkin kamu penasaran, padahal bangunan ini terhitung baru. Bukan peninggalan zaman Belanda atau Jepang. Tapi kok banyak hantunya ya? Nah, usut punya usut, menurut keterangan banyak saksi mata, tanah tempat bangunan ini berdiri dulunya adalah kuburan warga.Namun meski bekas kuburan, pihak kontraktor tak gentar untuk menggusurnya dan mendirikan bangunan megah di atasnya. Mereka malah mendirikan bangunan setinggi 28 lantai di atas tanah berhantu tersebut. Yang paling parah, menurut penuturan warga, ada beberapa jenazah yang ternyata tak dipindah. Mungkin itu yang membuat penunggu kuburan itu nggak mau pergi.Semasa pembangunan pun ternyata sudah banyak korban berjatuhan. Sejak pembuatan pondasi bangunan, beberapa pekerja dikabarkan jatuh sakit dan beberapa malah meninggal tanpa sebab. Harusnya udah tahu dong kalau bangunan ini banyak hantunya. Eh, malah dibuka untuk umum tanpa ada pengajian atau doa-doa sebelumnya.Oh iya, kabarnya sih sejak tahun 2011 silam ada wacana untuk menghancurkan bangunan kosong ini. Namun kelanjutannya gimana sampai sekarang belum ada kejelasan. Menara Saidah tetap dibiarkan berdiri dengan gagah tanpa ada tanda kehidupan di dalamnya. Mungkin kehidupan dunia lain yang tersisa. Hiii, serem…

Spot Liburan Hantu indonesia

Spot Liburan Hantu indonesia

jenishantudunia.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Tempat Liburan bersama Hantu. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai tempat Liburan Bersama Hantu.

1. Hutan Terlarang di Pulau Sempu
Siapa sih yang tak tahu dengan Pulau Sempu? Pulau indah yang terkenal dengan Segara Anakannya ini terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Dikenal dengan keindahannya yang bikin mata terbelalak, ternyata Pulau Sempu ini memiliki cerita mistis yang sudah banyak beredar di masyarakat sekitar.Kabarnya, hutan (Cagar Alam Pulau Sempu) ini pernah menyesatkan wisatawan yang berniat jahat. Mereka tersesat masuk ke hutan dan hanya berkeliling-keliling tanpa mengetahui arah. Bukan bualan, ternyata pernah ada sepasang suami istri yang pernah 3 hari hilang di Pulau ini. Beruntungnya mereka ditemukan selamat setelah bertahan hidup dengan memakan tumbuh-tumbuhan.

2. Pantai Pasir Putih Malikan yang Ombaknya Memakan Korban
Nah, bagi arek-arek Jawa Timur pasti sudah tahu dengan pantai Pasir Putih Malikan. Pantai cantik yang biasa dikenal dengan nama Papuma ini terletak di wilayah Jember. Tak kalah dengan Pulau Sempu, Papuma memiliki pantai serta batuan karang yang cantik dan terawat. Dibalik keindahan pantainya, ternyata Papuma juga memiliki cerita mistis yang bikin merinding.Dari banyaknya cerita mistis yang ada, ombak ganas dari rangkaian pantai selatan Jawa ini memiliki cerita sendiri. Siapapun korban yang terseret ombak hingga menghilang, konon katanya mereka telah dibawa masuk ke kerajaan ghaib penguasa jin di pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

3. Pantai Gerbang Masuk Kerajaan Nyi Roro Kidul
Parangtritis bisa menjadi salah satu pantai paling mistis sepanjang garis pantai selatan. Tak kalah mencengkamnya dengan pantai satu ini, ada pantai lain yang konon katanya menjadi gerbang masuk ke kerajaan Nyi Roro Kidul. Pantai tersebut adalah Watu Ulo yang terletak tak jauh dari Papuma.Seperti namanya, pantai Watu Ulo memiliki pemandangan cantik mirip replika ular raksasa bersisik. Menurut cerita yang beredar, batu-batu karang yang menyerupai ular inilah yang memiliki kisah mistis. Konon, batu-batu ini bisa bergoyang-goyang layaknya seekor ular. Tak hanya itu, di sekitar batu tersebut terdapat pintu gerbangnya.

Baca Juga : Raditya Dika Rumahnya Berhantu Galau Semua

4. Munculnya Kucing Raksasa di Gili Ketapang
Pernah dengan tentang Goa Kucing? Well, bagi arek-arek Jawa Timuran pasti kenal Goa satu ini. Goa satu ini terletak di pulau Gili Ketapang, Probolinggo yang memiliki keunikan lain dari pada yang lain. Konon katanya, Goa ini dulunya adalah petilasan penyebar agama Islam bernama Syech Maulana Ishaq yang tengah menempuh perjalanan dari Gresik ke Banyuwangi. Saat di Gili Ketapang, ia sempat memelihara banyak kucing yang kemudian ia tinggalkan di pulau tersebut.

Kini, beredar kabar mistis jika kucing-kucing peliharaan Syech Maulana Ishaq ini sering muncul setiap malam Jumat Legi. Kucing tersebut keluar dari dalam Goa Kucing yang memiliki tinggi satu meter tanpa diketahui asalnya. Bukan sembarang kucing, kabarnya kucing tersebut memiliki tubuh besar dan tinggi seperti raksasa.

5. Jembatan Panjang di Pantai Malang Selatan yang Konon Tak Direstui Keberadaannya
Jembatan yang memiliki kisah mistis satu ini berada di pantai Jembatan Panjang. Konon kabarnya, jembatan cantik ini sudah melewati perbaikan selama bertahun-tahun, namun proses pengerjaannya selalu tak pernah berhasil. Masyarakat meyakini bahwa gagalnya pembangunan jembatan menuju pulau kecil tersebut tidak disetujui makhluk halus penghuni. Kabarnya, pembangunan tersebut selesai jika ada dari penduduk yang berani melakukan pertapaan hingga selesai.

Raditya Dika Rumahnya Berhantu Galau Semua

Raditya Dika Rumahnya Berhantu Galau Semua

jenishantudunia.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai Rumah Radit yang berhantu . Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Cerita rumah hantu Radit .

Komika Raditya Dika baru saja mengunggah sebuah cerita nyata yang terjadi di rumahnya. Bukan materi stand up yang biasa Raditya ceritakan di atas panggung, melainkan kisah menyeramkan yang terjadi di rumahnya. Seputar anak-anak kecil tak kasat mata yang tinggal di rumahnya. “Ini semua kejadian nyata, enggak ada yang gue karang. Saksinya sudah banyak,” tulis Radit memulai ceitanya yang diunggah di story akun Instagram pada Kamis.Pada slide berikutnya, Radit kemudian mengunggah foto sebuah ruang meeting rumahnya. Ia menceritakan, sahabatnya pernah melihat dua anak kecil melihat dari kaca jendela saat tengah meeting. Lucunya, seorang tamu yang berbeda juga menuturkan hal yang sama.

” ‘Di sini angker ya? Karena ada dua anak kecil ngeliatin kita dari jendela kecil’ Dia bilang salah satu anak kecilnya ada yang cacat di bagian kaki,” tulis Radit. Raditya Dika menunggah sebuah foto halaman. Pada halaman tersebut, dahulunya pernah ada pohon yang besar. Namun ditebang lantaran menurut orang pintar, pohon tersebut justru menjadi rumah bagi makhluk tak kasat mata. “Tadinya sih di sini ada pohon kecil, tapi menurut orang pintar yang ke rumah gue, dia bilang, pohon ini justru jadi tempat nongkrong hantunya. Gue cabut deh,” ceritanya. Usai mengunggah foto halaman tersebut, tak lama kemudian Raditya juga mengunggah sebuah tangkapan layar percakapan seorang pengikutnya.

Baca Juga : Si Sexy Jembatan Ancol

Usai Raditya mengunggah foto bekas pohon tersebut, seorang netizen bernama Aldian Fird mengaku melihat ada anak kecil dalam foto tersebut. “Bang maaf, kalau saya liat yang di sini itu anak kecil bang. Btw (omong-omong) kalau lewat permisi saja bang. Setiap masuk rumah ucal Assalamualaikum walaupun gak ada siapapun di dalam rumah. Karena kalau setiap kita ucap: Assalamualaikum itu mereka yang tak kasat mata merasa enggak punya empat di situ,” tulis sebuah pesan yang ditujukan kepada Raditya Dika dan diunggah olehnya. Entah percaya atau tidak, Radit hanya mengunggah DM (Dirrect massage) yang dikirim untuknya

Selain tragedi pohon, Radit juga merasa kerap diganggu dengan suara ketukan kaca jendela berulang-ulang serta suara orang memotong kuku. Kucingnya juga sering terpaku melihat ke pojok kamar tempat di mana suara kuku terpotong itu terdengar. “Gue sendiri punya teori kenapa gangguan hantu ini tiba-tiba datang (dan makin parah setiap harinya). Kayaknya ada hubungannya dengan sebuah benda yang seseorang bawa ke rumah gue. Tapi itu cerita waktu. Nanti aja gue lanjutin deh,” tutup Raditya Dika mengakhiri cerita sementaranya. (*)

Sejarah Seram Terowongan Casablanca

Sejarah Seram Terowongan Casablanca

Jenishantudunia.com – Bergidik ngeri rasanya saat kita membayangkan cerita-cerita seram yang beredar di seputar Terowongan Casablanca, Jakarta. Di tengah hiruk pikuk kota megapolitan itu, nyatanya ada juga kisah angker yang menggelayut di telinga-telinga masyarakat.

Salah satu lokasi yang menurut desas-desus paling dinilai angker adalah Terowongan Casablanca. Dalam pencarian di mesin Google, ketika kita menuliskan kata kunci “terowongan casablanca”, maka yang muncul adalah kisah-kisah mistis yang pernah dialami sejumlah orang. Berikut dibawah ini akan kami jelaskan secara singkat mengenai sejarah seram terowongan casablanca :

Awalnya, Terowongan Casablanca adalah kuburan massal.
Banyak orang penasaran dari mana cerita hantu di terowongan itu begitu kesohor. Berbagai versi pun muncul kala kita mencarinya di Internet.

Terowongan Casablanca terletak di bawah Jalan Kuningan, Jakarta Selatan, yakni di jalur Jatinegara menuju Sudirman, atau sebaliknya. Dulunya, menurut kabar, saat di lokasi itu belum dibangun jalan, tanah tersebut merupakan lahan untuk kuburan massal.

Kemudian, pemerintah memindahkan kuburan itu untuk dibangun jalan raya. Saat proses pemindahan, dikabarkan ada satu jenazah yang bentuknya masih utuh. Hal ini tentu jadi misteri. Meski demikian, banyak orang percaya penunggu yang ada di kuburan itu belum turut pindah. Mereka masih saja bercokol di lokasi itu.

Setelahnya, banyak kejadian-kejadian yang dianggap aneh kala jalan, bahkan terowongan, sudah berdiri. Memang jika kita melintas di terowongan itu, ada rasa ganjil. Terowongan terkesan sangat lembap. Lembapnya berbeda dengan suasana di terowongan lain. Mungkin saja rasa itu berasal dari sugesti-sugesti dari cerita yang beredar.

Ada yang bilang, lokasi itu angker karena ada korban pemerkosaan.
Ada versi lain soal angkernya Terowongan Casablanca. Kabarnya, sekitar beberapa abad silam, ujar banyak sumber, ada gadis sangat cantik yang menjadi korban pemerkosaan. Dia dilecehkan secara seksual oleh sekelompok orang.

Pemuda-pemuda itu bergilir menyetubuhi di gadis hingga tewas. Gadis malang itu lantas diseret ke lokasi yang kini menjadi Terowongan Casablanca, dibuang dan dibiarkan begitu saja. Jadilah hingga kini muncul cerita mistis tentang hantu nenek yang menurut desas-desus merupakan perwujudan dari gadis yang diperkosa berabad-abad silam.

Baca Juga : Asal Muasal Tradisi Halloween

Bahkan ada cerita orang yang gantung diri….
Cerita makin melebar dengan kasak-kusuk kemistisan yang muncul akibat adanya orang yang bunuh diri di lokasi kejadian. Menurut kabar burung, beberapa tahun lalu, ada seorang pria ditemukan tak bernyawa di lokasi yang kini dibangun terowongan kenamaan itu.

Tewasnya pria itu tentu tak biasa. Dia ditemukan meninggal lantaran terbelit tali-temali. Ternyata si pria tewas karena gantung diri. Dia mengakhiri nyawa tepat di depan pintu masuk terowongan.

Kecelakaan demi kecelakaan pun terjadi di Terowongan Casablanca.
Angkernya lokasi ini makin bertambah karena banyak kecelakaan terjadi. Mulai kecelakaan mobil hingga motor. Beberapa korban kecelakaan disebut-sebut tewas. Ada yang bilang, mereka—para korban kecelakaan—melihat makhluk-makhluk astral berseliweran. Akibatnya, mengganggu konsentrasi mengendarai motor atau mobil.

Namun, kebenaran cerita masih ditimbang-timbang. Kisah yang kini ada cukup jadi pemanis dan kisah yang boleh dipercaya atau tidak. Yang jelas, di mana pun, orang harus waspada saat berkendara.

Kisah Pulau Kecil di Laguna Venesia Tempat Paling Berhantu di Dunia

Kisah Pulau Kecil di Laguna Venesia Tempat Paling Berhantu di Dunia

Jenishantudunia.com – Tahukah Anda bahwa Pulau Poveglia dianggap oleh beberapa orang sebagai pulau paling berhantu di dunia? Sejarah kelam di sana adalah salah satu penyebab diberinya julukan ini.

Terletak di Laguna Venesia, dengan pemandangan City of Water atau “Kota Air” yang megah, nusa kecil ini dahulunya berfungsi sebagai tempat karantina bagi para korban wabah penyakit sepanjang zaman.

Tak hanya sampai di situ, Poveglia juga menjadi lokasi suaka mental yang fasilitasnya terkenal buruk. Sejumlah eksperimen manusia dilakukan oleh ilmuwan secara diam-diam pada awal Abad ke-20.

Tetapi bahkan sebelum semua itu, Pulau Poveglia sudah ditandai oleh pertumpahan darah.

Penduduk pertama menetap pada tahun 421, karena kebutuhan murni, ketika mereka melarikan diri dari Jerman dan “gerombolan barbar” Hun yang menyerang Kekaisaran Romawi.

Meskipun pulau itu menawarkan perlindungan alami, namun para warga tersebut tidak dapat menghindari upaya para komplotan tadi untuk menyerbu dan mengambil alih pulau ini.

Konon, para pemukim berhasil menyelamatkan diri dan pada Abad ke-9. Populasi di Poveglia pun tumbuh dengan mantap.

Pada tahun 1379, pulau itu dievakuasi, dengan alasan bahwa Poveglia akan ‘disulap’ jadi tempat pertahanan angkatan laut garda depan Venesia. Untuk melancarkannya, benteng segi delapan pun dibangun dan masih berdiri kokoh sampai hari ini.

Apa yang terjadi selanjutnya adalah gelombang wabah epidemi yang melanda Italia pada awal Abad ke-15. Poveglia, bersama dengan pulau-pulau kecil lainnya di seberang laguna, dinyatakan sebagai “lazaretto” — stasiun karantina tempat kapal-kapal yang tiba harus melalui inspeksi medis, sebelum mendarat di Venesia.

Bila penumpang yang diangkut oleh kapal-kapal itu menunjukkan gejala terjangkit virus, maka mereka akan menghabiskan waktu selama 40 hari di Poveglia.

Setelah uji coba selama 40 hari, mereka dinyatakan sehat atau dibiarkan mati begitu saja.

Fakta yang tidak terlalu menyenangkan yakni ketika wabah merebak di Italia, lazaretto seperti Poveglia mendadak penuh sesak oleh pasien. Semua orang sakit ini dihadapkan dengan kenyataan bahwa kematian yang mengerikan adalah satu-satunya hal yang sedang menanti mereka.

Pulau Poveglia memang “Hell on Earth” atau Neraka di Bumi, karena di sana dipenuhi oleh kuburan massal dan tanah berwarna hitam bekas kobaran api, di mana orang mati ditumpuk dan dibakar.

Baca Juga : Kisah Horor Naik Bus Hantu Dan Kendaraan Umum Lainnya

Melanggar HAM

Karena wabah telah merambah ke kota itu, meski sudah dilakukan langkah-langkah pencegahan, pemindahan para penderita penyakit kronis di Venesia ke Pulau Poveglia, merupakan pelanggaran HAM.

Ketakutan di antara mereka memicu paranoia massal. Sebab mereka yang hanya menunjukkan gejala dan ada kemungkinan besar bisa sembuh total, ikut serta diasingkan ke Poveglia.

Antara tahun 1629 dan 1631, selama tahun-tahun ketika Black Death (suatu pandemi hebat yang pertama kali melanda Eropa pada pertengahan hingga akhir Abad ke-14) melanda Italia dan paling mengerikan ke Laguna Venesia, selama tujuh bulan konon ada 80.000 orang yang tewas.

Mereka semua mati pada saat baru datang atau menghabiskan hari-hari mereka di Poveglia — atau salah satu dari beberapa lazaretto lainnya yang masih berfungsi.

Pulau-pulau di sekitar Venesia tidak lebih dari tempat pembuangan jasad manusia dan orang sakit yang hidup berkelompok sampai mati, atau lebih buruk lagi, terkubur hidup-hidup.

Poveglia dipatroli oleh para dokter yang mengenakan topeng mirip burung berwajah mengerikan, dengan “paruh” diisi oleh ramuan yang ampuh mencegah bakteri memasuki sistem pernapasan mereka.

Di ujung sirnanya epidemi tersebut, diperkirakan ada lebih dari 160.000 jenazah orang-orang yang dibuang di Proveglia. Akibatnya, sebagian besar tanah di pulau ini diduga terkandung abu manusia.

Namun demikian, otoritas kesehatan Venesia tetap berhati-hati dalam mencegah kembalinya wabah. Lazaretto tersebut masih tetap dipertahankan hingga tahun 1803, sebelum akhirnya benar-benar ditinggalkan dan dibiarkan terbengkalai.

Kembalinya Tragedi

Orang-orang sudah mulai berpikir bahwa sejarah yang mengerikan seperti itu tidak akan terulang untuk kedua kalinya. Namun, kisah kelam lain kembali menghantui Poveglia pada awal Abad ke-20, ketika digunakan — sekali lagi — untuk kurungan orang sakit jiwa.

Pada tahun 1922, sebuah suaka dibuka, sebagian menggunakan bangunan-bangunan yang sudah ada, yang pernah dipakai untuk menampung para korban wabah pada masa sebelumnya.

Departemen Psikiatri menjadi rumah bagi jiwa-jiwa bermasalah. Para stafnya konon tak segan untuk menganiaya para pasien yang dikarantina di sana.

Selain itu, sejumlah laporan yang dibuat berdasarkan keterangan dari para pasien, mereka mengaku bahwa mereka mendengar suara dan jeritan yang membuat mereka tetap terjaga pada malam hari.

Mereka juga mengklaim bahwa roh-roh yang terganggu, yang hidup di pulau itu, terus menerus menghantui mereka.

Namun kasus yang paling terkenal mengenai perlakuan buruk para karyawan terhadap pasien di pulau itu adalah perlakuan seorang dokter gila yang gemar menjalankan praktik lobotomi menggunakan palu, paku, bor, dan pahat pada subjeknya.

Diduga, ahli medis sadis itu dengan bebas melanjutkan kegiatannya dengan melakukan segala macam eksperimen mengerikan, tanpa banyak perawatan untuk tindakan sanitasi atau anestesi.

Mirisnya lagi, di sanalah tempat dia akhirnya menemui ajalnya, meskipun dalam keadaan yang tidak diungkapkan.

Salah satu versi cerita mengklaim bahwa dokter tersebut dibuat gila oleh tindakannya sendiri dan memutuskan untuk bunuh diri.

Cerita lain menyebut, dia pribadi kerap melihat penampakan hantu, bayangan dan momok, dan bahwa ia didorong dari atas menara oleh entitas dunia lain.

Legenda ini juga mencakup seorang perawat yang menyaksikan dokter itu jatuh, yang juga bersumpah bahwa ia masih hidup selama beberapa detik, sebelum sebuah asap misterius seperti kabut mengambil napas terakhirnya.

Terlepas dari kisah-kisah menyeramkan di sekitarnya, Departemen Psikiatri Poveglia masih terus beroperasi sampai tahun 1968. Setelah suaka ditutup, pulau itu dijual di pelelangan.

Namun dua pemilik terakhirnya tak betah tinggal di sana. Rumor yang beredar menyebut, salah satu putri si empunya pulau menerima luka di wajahnya dalam insiden yang dikaitkan dengan kekuatan supranatural.

Sampai hari ini, Poveglia tetap dikaitkan dengan legenda dan mitos semacam itu. Namun pemerintah Italia melarang para penjelajah yang tertarik dengan sejarah tersebut untuk menginjakkan kaki mereka di pulau.

Kota di India yang Penuh dengan Cerita Hantu

Kota di India yang Penuh dengan Cerita Hantu

Jenishantudunia.com – Banyak orang menyukai cerita hantu di dunia ini. Bagi Anda yang mengidolakan kisah tentang makhluk halus yang menyeramkan, ada baiknya membaca tentang Kolkata, sebuah kota di India bekas ibu kota kolonial Inggris.

Wilayah itu konon adalah tanah subur bagi berbagai makhluk supranatural yang menyeramkan. Sebuah majalah di kota itu bahkan menerbitkan daftar bangunan berhantu. Ritual pemanggilan arwah juga ada di daerah itu, bahkan dinikmati oleh para penyair.

“Keyakinan hantu lebih kuat di sini daripada hampir di mana pun di India,” kata Soumen Kotal, salah seorang pendiri Paranormal Research Society of India, yang menyelidiki tentang klaim hantu.

“Kota ini sudah sangat tua, dan tradisi datang bersamaan dengan itu,” lanjutnya

Orang Bengal bahkan memiliki setidaknya 15 kata untuk hantu berdasarkan kasta roh, status perkawinan, perilaku, dan nasib yang diderita di masa pra-paranormal.

Menurut keyakinan lokal, beberapa hantu terlihat seperti burung hantu hutan, yang lain menikmati ikan atau bahkan mencuri suatu barang dari manusia. Beberapa yang lain bahkan membujuk manusia untuk mati dengan berpura-pura menjadi kekasih.

Seorang reporter bernama Debdutta Gupta memperkirakan bahwa 70 persen orang Bengal percaya pada hantu. Makhluk halus itu sangat suka tinggal di satu tempat tertentu, katanya, seperti bangunan tua atau pohon.

Baca Juga : Hantu yang Konon Hidup pada Zaman Dahulu Kala

Alasan Mengapa Kolkata Angker

Warga menawarkan berbagai konsep tentang mengapa Kolkata tampak begitu angker. Beberapa menghubungkan dengan banyaknya bangunan tua di ibu kota Raj Inggris. Yang lain merujuk dengan banyaknya kelaparan, penyakit, dan kematian tidak wajar di wilayah tersebut.

“Mitos hantu sangat lazim karena semua orang memberi tahu kami saat anak-anak bahwa hantu akan datang jika kami tidak makan makanan kami,” kata Harish Ramchandani, pelayan di Royal Calcutta Turf Club.

“Satu-satunya hantu yang berjalan di sekitar bagian ini adalah Johnnie Walker,” gurau manajer umum Robin Corner saat makan siang di ruang makan mewah klub, merujuk pada merk whiskey ternama.

Bagi komunitas Hindu mayoritas di India, yang percaya pada reinkarnasi, hantu dipandang sebagai jiwa yang malang yang terjebak di antara kehidupan karena dosa yang dilakukan oleh atau terhadap mereka.

Naskah Garuda Purana, yang diyakini ditulis antara 3000 SM dan 1500 SM, mendaftar sebanyak 17 jenis hantu dan bagaimana mereka menjadi makhluk halus.

Suara Misterius

Salah satu tempat angker yang terkenal adalah Museum India. Tempat itu sangat terkenal dengan kisah-kisah suara sepatu boots di malam hari yang dikaitkan dengan semangat para pejuang kemerdekaan India yang ditahan di gedung administrasi pada awal abad ke-20 oleh Inggris.

“Orang-orang menghabiskan banyak uang untuk menyingkirkan hantu sehingga mereka tidak datang lagi,” kata Chaitali Roy Chowdhury, ahli zoologi museum.

Kolkata lebih lambat dimodernisasi daripada Mumbai, Bangalore atau New Delhi, sebagian karena Benggala Barat dijauhi investor selama 34 tahun pemerintahan komunis.

“Masa lalu kita… mungkin menjadi salah satu alasan mengapa kita tertarik pada hantu,” kata Aveek Sarkar.

Kota Yang Dijuluki Sebagai Kota Hantu

Lokasi paling berhantu didunia

Jenishantudunia.com – Beberapa wilayah di dunia sering dijuluki sebagai tempat paling menyeramkan dan angker atau berhantu. Kesaksian warga yang mengklaim pernah melihat sesuatu benda aneh, penampakan, suara-suara tak dikenal atau bahkan kasus kesurupan menjadikan lokasi tersebut dikenal paling berhantu.

Cerita dari mulut ke mulut, kemudian ditularkan dari satu generasi ke generasi lain menjadikan kisah angker tersebut kian melegenda. Tak hanya bagi warga disekitarnya, namun menyebar hingga ke seluruh dunia.

Tempat-tempat menyeramkan dan angker memang sudah tak asing di telinga kita. Masing-masing lokasi tentu menyimpan cerita tersendiri. Ada hal yang melatarbelakangi kejadian tersebut. Sebut saja kasus penyiksaan, bunuh diri, atau bahkan tempat pembunuhan.

Karena latar belakang tersebutlah lokasi angker ini kerap dikaitkan dengan sesuatu hal yang berbahaya. Mulai dari pelarangan masuk lokasi angker tersebut atau tak boleh berkata-kata aneh selama berada di sana.

Berikut 5 lokasi yang berpredikat sebagai kota berhantu :

1. Craco, Italia

Kota Craco atau yang dikenal dengan sebutan hillside ghost down ditemukan pertama kali pada Abad ke-8 dan kota ini banyak dipenuhi oleh tebing-tebing tinggi.

Namun, kota ini sudah ditinggalkan oleh penduduknya lantaran bencana alam yang terus terjadi.

Pada tahun 1963, banyak yang dievakuasi setelah tanah longsor; pada tahun 1972 banjir membuat kondisi semakin genting; dan pada 1980 gempa bumi menyebabkan kota itu ditinggalkan secara keseluruhan.

Akibat bencana, banyak warga yang meninggal dan terkubur di tanah itu. Konon, kota ini sangat berhantu. Banyak yang mengklaim jika hantu di sana adalah mereka yang dulu tinggal di sana.

2. Pulau Hashima, Jepang

Pulau ‘hantu’ tak berpenghuni ini terletak di lepas pantai Nagasaki, Jepang. Pulau yang disebut-sebut angker itu pun telah lama ditinggalkan.

Dengan penampakan pulaunya yang mirip kapal perang, tak heran jika Hashima Island umumnya dikenal sebagai Gunkanjima atau pulau kapal perang.

Selama hampir satu abad ( 1887-1974 ), pulau itu merupakan tempat pertambangan batu bara yang menampung ribuan pekerja.

Perusahaan Mitsubishi membelinya pada tahun 1890 dan dibangun gedung beton besar pertama di Jepang setinggi 9 lantai.

Dengan jumlah penduduk 5.259 orang pada tahun 1959, pulau seluas 6,3 hektar itu adalah tempat yang paling padat penduduknya per meter persegi di dunia.

Ketika tambang yang sibuk itu ditutup, Pulau Hashima jatuh bangkrut.

Pulau terpencil itu kemudian dilupakan. Namun hal itu justru menjadi pemikat bagi para wisatawan, dengan struktur mempesona reruntuhannya yang menakutkan.

Pulau ‘hantu’ Hashima, merupakan salah satu dari 505 pulau di Prefektur Nagasaki. Letaknya sekitar 15 km dari Nagasaki.

Baca Juga : Apakah Hantu Memiliki Perasaan Seperti Manusia

3. Pulau Boneka Xochimilco, Meksiko

Boneka adalah sesuatu hal yang dikenal lucu. Terlebih bagi anak-anak. Namun apa jadinya jika boneka-boneka itu tergantung di pepohonan dengan mata terbelalak dan seperti menatap dengan pandangan kosong.

Belum lagi ketika boneka tersebut dalam kondisi rusak sebagian. Apakah Anda masih berfikir mereka lucu?

Menurut legenda setempat, di hutan Meksiko ditemukan seorang jasad gadis kecil yang mengambang di tepi sungai. Penjaga pulau tersebut kemudian membawa jasad korban ke tepi sungai. Kala itu, ia tengah memegang sebuah boneka.

Untuk mengenang mendiang sang gadis, pria tersebut menggantungkan boneka si gadis di dekat pohon tempat mayatnya ditemukan.

Namun anehnya, pria itu setiap hari membawa boneka ke hutan untuk sang gadis perempuan. Boneka itu ia gantung di setiap pohon.

Aktivitas ini terus ia lakukan hingga seluruh pohon di hutan itu digantungi boneka. Hingga akhirnya kegiatan itu terhenti karena sang pria meninggal dunia.

Penduduk setempat mengatakan boneka-boneka itu kerap bergerak dan mengeluarkan jeritan setiap tengah malam. Saksi lainnya mengklaim mendengar boneka itu saling berbisik dan mengganggu pengunjung yang datang.

4. Kolmanskop, Namibia

Kolmanskop adalah yang paling ramai di awal 1900-an, ketika penambang Jerman datang ke daerah itu untuk berburu berlian.

Kota ini memiliki ruang dansa, rumah sakit, dan arena bowling di antara fasilitas lainnya setelah ramai dikunjungi.

Namun, tak lama setelah Perang Dunia I, kota ini benar-benar ditinggalkan. Banyak warga yang tak bisa berbuat apa-apa hingga meninggal di kawasan itu.

5. Spinalonga, Jepang

Spinalonga adalah sebuah pulau Yunani yang terletak di Teluk Elounda dekat Kreta.

Pada tahun 1904, setelah orang-orang Turki diusir dari Spinalonga, lokasi ini menjadi koloni penderita kusta dan siapa saja yang menderita kusta dikirim ke sana.

Begitu seorang warga didiagnosis menderita penyakit itu, mereka akan dijauhi dan dianiaya oleh komunitas mereka.

Barang-barang pribadi mereka akan disita dan mereka akan dikirim ke Spinalonga. Pulau itu telah ada sejak tahun 1962.

Hotel Angker Di Amerika

Hotel Angker Di Amerika

Jenishantudunia.com – Hantu umumnya merujuk pada kehidupan setelah kematian. Tetapi hantu juga dengan roh atau roh yang mati karena kematian. Definisi hantu umumnya berbeda untuk setiap agama, peradaban, dan adat istiadat. Untuk alasan ini, jika Anda ingin tahu tempat atau bangunan ajaib yang menyeramkan, itu adalah hotel paling menyeramkan di Amerika Serikat. Lihat ulasan berikut.

Heathman Hotel

Kamar 703 adalah tempat paling angker. Tamu yang meninggalkan ruangan akan heran karena menemukan handuk yang digunakan besih kembali, segelas air keluar, meja kursi bergerak sendiri. dari catatan Hotel melaporan bahwa tidak ada yang menggunakan kunci elektronik untuk masuk ke kamar. namun Insiden ini terjadi terlalu sering untuk diasumsikan sebagai orang iseng.

Provincial Hotel

Banyak pemburu hantu dan tamu datang hanya untuk mendengar cerita tentang kisah-kisah hantu tentang hotel ini. dan para Pemburu hantu sengaja datang ke sini untuk membuktikan dengan mata kepala mereka sendiri.

Stanley Hotel

Hotel, yang dibuka pada 1909, dihantui oleh Flora Stanley, istri dari pemilik hotel, yang senang bermain piano larut malam. Rohnya dikatakan sering terlihat dan menghantui para tamu yg datang.

Baca juga : Legenda Teke-Teke

Carolina Inn

Seringkali tamu menceritakan diikuti oleh seorang laki-laki yang menghilang saat mereka berbalik menghadap ke arahnya. Staf dan tamu juga menceritakan bahwa penampakan pria, mengenakan setelan hitam mengenakan topi rajutan, Parker biru panjang gaya mantel itu sering menghatui merek

Sagamore Hotel

Terletak di Pegunungan Adirondack yang belum terjamah, fitur yang Sagamore Historic Hotel, dengan dekorasi yang elegan, dan The Lodges, didekorasi dengan gaya yang santai ala Adirondack. Banyak pegolf mengatakan bahwa hantu yg ada disisni mencuri bola golf mereka dan teman kencan mereka, Dan Anda bisa mendengarnya tertawa keras. Mereka mengatakan dia akan mengejar bola dan mencuri wanita Anda dari balik pohon.

Queen Mary Hotel

Sebuah kota terapung dibanjiri keanggunan yang luar biasa, dengan suasana mistis yang kental. Terdaftar di Daftar Nasional Tempat Bersejarah, dan juga tetap menjadi salah satu tempat paling terkenal di california. Tamu dari Hotel Queen Mary yang berani menerima tantangan Dipandu oleh Self-Shipwalk Tour. Banyak kejadian aneh dan suara-suara ketukan, suara-suara tanpa tubuh, dan penampakan hantu berjalan di lorong-lorong dan tangga telah dilaporkan oleh staf, tamu, dan peneliti di kapal berlabuh.

Ramada Plaza Hotel

Rumor mengatakan bahwa Walter Schoreder (Pemilik hotel) dibunuh, dan arwahnya gentayangan mengganggu tamu dengan menyalakan keran air, lampu, berteriak, serta menampakan diri.