Kisah Urban Legend Asal Korea

Jenishantudunia.com – Siapa sih yang gak kenal dengan negara yang maju pesat ini? Mulai dari tekhnologi, gaya hidup, makanan, bahkan musiknya, membuat Korea menjadi negara maju di Asia dan paling digemari di dunia, hingga membuat banyak orang ingin mengetahui segala hal tentang negara tersebut.

Itulah yang menjadikan Korea menjadi negara yang punya banyak cerita didalamnya. Terlepas itu ternyata Korea masih menyimpan legenda masyarakat atau biasa yang disebut urban legend lho! Biar gak tambah penasaran, ini dia beberapa urban legend dari negeri korea tersebut.

1. Mul Gwishin
Ini adalah Mul Gwishin, hantu yang bersemayam di air. Ini bermula karena disetiap musim panas akan banyak orang yang memilih ke tempat seperti perairan untuk berenang. Disanalah banyak korban tenggelam karena ditarik oleh hantu ini, karena hantu ini kesepian dan membutuhkan teman.

2. Cheukshin
Jika di Jepang ada Hanako, lain lagi dengan di Korea yaitu Cheukshin. Ya hantu ini adalah hantu penunggu toilet dan menjadi hantu yang terkenal di kalangan orang Korea. Dikenal sebagai sosok yang mengerikan, tapi banyak juga yang menggambarkan berbeda-beda tentang rupanya.

Ada yang bilang kalau ia keluar dari toilet atau muncul dari cermin kamar mandi.

3. Jeoseung Saja
Jeoseung Saja atau yang lebih dikenal dengan Grim Reaper ini dipercaya adanya oleh masyarakat Korea. Jangan membayangkan sosok Jeoseung Saja ini seperti Lee Dong Wook ya! Karena Jeoseong Saja ini adalah malaikat maut yang tugasnya mengambil jiwa untuk ditarik ke alam baka.

4. Munshin
Mahluk astral ini dipercaya selalu muncul dari balik pintu. Jadi jangan heran Munshin ini juga bisa membuatmu tegang. Mahluk ini akan muncul ketika kita tidak memperhatikan jika sedang menutup atau membuka pintu.

Menurut masyarakat Korea, Munshin ini juga dikenal sebagai dewa pintu. Banyak yang menyembahnya terutama di pulau Jeju. Pemujaan tersebut disebut Munjeon.

5. Jayuro Gwishin
Satu lagi hantu yang dipercaya adanya oleh masyarakat Korea. Berada pada lintasan jalan raya antara Goyang ke Paju. Beberapa masyarakat Korea percaya telah melihat Jayuro ini di tepi jalan. Digambarkan menyerupai wanita muda seperti memakai kacamata hitam.

Ada yang mengatakan kalau kita melihatnya dengan seksama wanita itu sebenarnya tidak memakai kacamata, melainkan matanya sendiri tapi tidak memiliki bola mata.

6. Cheonyeo Gwishin
Cheonyeo Gwishin atau hantu perawan ini digambarkan sebagai sesosok wanita yang mempunyai rambut panjang menutupi wajahnya dan memakai baju khas tradisional Korea. Semasa hidupnya ia pernah gagal menikah, maka dari itu ia menjadi hantu gentayangan yang meneror pengantin baru.

Baca Juga : Fakta Sejarah Asal Mula Slender Man

7. Pindah rumah di tanggal tertentu
Tidak seperti di Indonesia, kita bisa pindah rumah kapan saja sesuka hati kita. Namun tidak begitu dengan orang Korea yang percaya mitos ini. Ada yang percaya kalau pindah di tanggal yang dilarang seperti 1,2,11,12,21,22, dan 31 akan membawa kesialan karena roh jahat yang ada di rumah sebelumnya akan mengikuti.

8. Menggunakan tinta merah untuk menulis nama
Mitos di Korea ini tidak memperbolehkan kita untuk menulis nama seseorang dengan menggunakan pulpen yang memiliki tinta berwarna merah. Karena jika hal itu terjadi, maka nama yang ditulis akan mati atau sama saja mendoakan nama yang ditulis itu untuk mati.

9. Tertidur dengan rambut terurai
Masyarakat Korea juga ada yang percaya dengan mitos ini. Di mana saat kita tidur, tidak diperbolehkan sampai rambut terurai sampai ke bawah tempat tidur, terutama untuk rambut yang panjang. Karena akan ada hantu yang menghitung setiap helaian rambut yang terurai itu, jika helaian rambutnya sudah terhitung semua, nyawalah taruhannya.

10. Kipas angin membawa petaka
Di Korea sana juga percaya kalau kita menyalakan kipas angin ketika malam hari, terlebih saat tidur, akan mendekatkan kematian kepada kita. Untuk segi kesehatan memang tidak disarankan menyalakan kipas angin malam hari, apalagi menemani untuk tidur.