Mengenai Mitos Jurig Jarian Hantu Penghuni Tempah Sampah

Jenishantudunia.com – Nusantara Indonesia memang gudangnya cerita mistis. Berbagai jenis hantu bahkan memiliki nama populer yang setara dengan artis. Misalnya saja, Genderuwo yang berasal dari tanah Jawa atau Leak dari Bali. Nama hantu tersebut mungkin sudah tidak asing di telinga kita.

Namun, pernahkah kamu kenalan dengan hantu asal tanah Sunda bernama Jurig Jarian? Nama tersebut memang kurang familiar di kalangan masyarakat Indonesia, tapi bagi orang Sunda, mungkin hantu tersebut adalah salah satu yang ditakuti. Wujudnya sendiri tidak ada yang bisa menjabarkan secara pasti. Yang jelas hantu tersebut sudah menjadi momok, khususnya bagi anak-anak karena menebar terror penyakit. Seperti apa sebenarnya Jurig Jarian tersebut?

Penghuni tempat sampah

Jurig berarti hantu, sementara Jarian memiliki makna sampah. Hantu tersebut memang dipercaya sebagai penghuni tempat sampah yang berada di sekitar pemukiman penduduk. Tidak jelas bagaimana wujud hantu tersebut sebenarnya.

Sebab, jarang ada saksi mata yang melihat hantu itu secara langsung. Beberapa pendapat mengatakan jika Jurig Jarian memiliki wujud seperti anak kecil berkepala botak. Namun, sebagian yang lain mendeskripsikannya sebagai hantu perempuan yang menyeramkan.

Hantu yang tidak begitu populer

Berbeda dengan hantu kuntilanak, pocong dan genderuwo yang namanya dikenal seluruh masyarakat Indonesia, hantu Jurig Jarian hanya akrab di telinga orang Sunda saja. Konon, hantu tersebut tidak sering menampakkan diri pada sembarang orang.

Jurig Jarian hanya mau menampakkan diri pada sebagian orang saja. Dipercaya bahwa ‘penghuni tempat sampah’ itu akan muncul di waktu sore hari menjelang magrib. Oleh sebab itu, masyarakat setempat akan menghindari membuang sampah di waktu-waktu tersebut.

Baca Juga : Misteri Mengenai Hantu Black Eyed Child

Mengincar anak dan wanita hamil

Katanya, hantu Jurig Jarian hanya mengincar anak kecil dan ibu hamil saja. Saat mengganggu anak kecil, hantu tersebut akan mengembuskan penyakit yang membuat mereka demam, meriang, atau bentol-bentol dengan rasa gatal yang luar biasa.

Sementara itu, jika Jurig Jarian berniat mengganggu perempuan hamil, maka ia akan merasuki raganya dan membuat wanita hamil tersebut kesurupan. Banyak yang berpendapat jika hantu tersebut memang aneh, karena pada umumnya hantu tidaklah memilih-milih korbannya.

Mengatasi gangguan hantu Jurig Jarian

Dipercaya bahwa mengatasi gangguan hantu Jurig Jarian relatif mudah. Jika korbannya anak kecil, hanya perlu dibacakan Ayat Kursi atau Surah Yaasin dan memberikan air yang sudah dicampur dengan satu sendok garam. Konon, sakit tersebut akan berangsur-angsur sembuh karena pengaruh hantunya sudah menghilang.

Nah, jika korbannya adalah wanita hamil, biasanya dia akan meminta yang aneh-aneh seperti kopi pahit atau air kelapa muda. Setelah semua dikabulkan, konon katanya hantu tak lekas pergi begitu saja. Jadi tetap harus ada ritual pengusiran roh.