Mitos Mengenai Hantu Pulung Gantung

Mitos Mengenai Hantu Pulung Gantung

Jenishantudunia.com – Bukan hanya di negeri sakura Jepang, di Indonesia juga ada fenomena serupa kasus bunuh diri yang setiap tahun jumlah korbannya konsisten dan bahkan cenderung bertambah. Fenomena yang mengkhawatirkan ini tepatnya banyak terjadi di kabupaten Gunungkidul, di daerah tenggara Daerah Istimewa Yogyakarta. Selama kurun waktu 10 tahun mulai dari 2003 – 2012 tercatat ada 330 peristiwa bunuh diri yang berarti ada 33 kasus setiap tahunnya.

Namun, ada sebuah mitos yang berembus sangat kencang di masyarakat mengenai sebuah legenda mistis bernama Pulung Gantung. Dinamakan gantung, karena rata-rata mereka yang tewas mengakhiri hidupnya dengan cara menggantung diri. Dalam setiap kasus bunuh diri yang terjadi, masyarakat selalu mengaitkannya dengan mitos yang satu ini.

Menyoal Pulung Gantung, mitos asli Gunung Kidul

Pulung Gantung digambarkan seperti sebuah benda misterius berbentuk bola api yang berpijar berwarna merah kekuningan dan memiliki ekor atau buntut. Konon kabarnya, apabila benda ini terlihat melayang di atas sebuah rumah warga, maka salah seorang penghuninya dalam waktu dekat akan melaksanakan ritual bunuh diri.

Tak ada yang tahu pasti apakah Pulung Gantung ini merupakan sebuah benda atau sesosok makhluk, sebab ia tampak seperti sebuah benda namun juga terlihat hidup berkat kobaran apinya yang berkilat-kilat serta sesekali meredup padam dan membara ganas. Satu hal yang pasti, penampakkan Pulung Gantung ini menjadi isyarat kuat akan adanya warga setempat yang bakal melakukan bunuh diri.

Salah satu peristiwa bunuh diri paling janggal yang pernah terjadi

Ada sebuah cerita yang diperoleh dari salah seorang warga setempat mengenai peristiwa magis nan tragis ini. Sebut saja namanya Budi, yang tempat tinggalnya berada di wilayah tersebut. Kebetulan ia punya seorang tetangga yang sudah berusia tua renta dengan penyakit menahun yang membuatnya tak lagi mampu berjalan.

Setelah mendengar kesaksian salah satu warga yang mengatakan telah melihat Pulung Gantung di atas rumah si kakek tersebut pada malam sebelumnya, masyarakat setempat langsung bersiaga untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan. Selain menggelar siaga malam di teras rumah masing-masing, diutus pula seseorang secara bergantian untuk mendampingi sang kakek.
Namun, suatu hari peristiwa mengerikan tersebut terjadi juga. Pada hari yang naas tersebut, warga yang mendapat tugas pendampingan mengaku disuruh oleh sang kakek untuk mengambilkan ia sesuatu ke luar rumah. Tak sampai 15 menit, begitu kembali, alangkah tercekatnya ia ketika menemukan pria tua tersebut telah tewas gantung diri di sudut rumah menggunakan kain sarung. Padahal, seperti kita tahu, jangankan berjalan, si kakek ini bahkan tak lagi bisa berdiri.

Baca Juga : Mengenai Mitos Jurig Jarian Hantu Penghuni Tempah Sampah

Mengetahui hal tersebut, para warga hanya bisa pasrah dan berduka. Begitulah, meski telah dijaga oleh ratusan atau bahkan ribuan warga, lambat laun, mereka yang rumahnya telah “dihinggapi” oleh Pulung Gantung pasti menemukan cara untuk mengakhiri hidupnya.

Asal-usul legenda Pulung Gantung

Menurut salah seorang sesepuh yang tinggal di dekat komplek pemakaman raja-raja Mataram, dahulu kala ketika terjadi perseteruan antara Majapahit dan Demak, para prajurit dan rakyat yang setia terhadap raja Brawijaya V melarikan diri ke arah Gunung Kidul karena menganggap lokasi ini terpencil dan sulit dijangkau.

Sang raja yang memiliki kekuatan maha sakti, memutuskan untu bersemedi dan melakukan muksa alias menghilang bersama raganya untuk menghadap yang maha kuasa. Tragis, para pengikutnya gagal mengikuti sang raja karena ilmunya masih cetek. Mereka yang gagal kemudian berubah wujud menjadi jenglot, atau makhluk kerdil yang hobi meminum darah manusia.
Sedangkan, sebagian pengikut lain yang sama sekali tak memiliki kemampuan, jadi frustrasi dan menyerah menjalani hidup karena ditinggal pemimpinnya. Maka, karena dianggap sebagai jalan terbaik, mereka pun melakukan bunuh diri massal dengan cara menggantung diri. Peristiwa memilukan tersebut meninggalkan energi negatif yang hingga kini masih membekas di daerah Gunung Kidul.

Roh atau arwah yang ditolak oleh kehidupan selanjutnya tersebut, berganti wujud menjadi sebuah benda atau sesosok makhluk berbentuk bola api yang saat ini kita kenal sebagai Pulung Gantung dan tak henti-hentinya mengajak jiwa-jiwa yang kurang beruntung untuk mengakhiri hidupnya seperti mereka.

Upaya Pencegahan sudah maksimal

Diketahui para pelaku (atau korban?) bunuh diri ini rata-rata berusia 50 tahun ke atas. Pihak kepolisian kemudian menduga bahwa selain mitos yang kesohor mengenai Pulung Gantung itu, kejadian ini banyak dipicu karena depresi dan frustrasi yang sangat akut.

Oleh karena itu, agar hal mengerikan tersebut tidak terulang terus-menerus, aparat setempat langsung mengerahkan upaya pencegahan seperti sosialisasi kepada masyarakat sekitar hingga menggandeng tokoh agama, spiritual, dan bahkan ahli kejiwaan di setiap satu puskesmas di Gunungkidul.

Mengenai Mitos Jurig Jarian Hantu Penghuni Tempah Sampah

Mengenai Mitos Jurig Jarian Hantu Penghuni Tempah Sampah

Jenishantudunia.com – Nusantara Indonesia memang gudangnya cerita mistis. Berbagai jenis hantu bahkan memiliki nama populer yang setara dengan artis. Misalnya saja, Genderuwo yang berasal dari tanah Jawa atau Leak dari Bali. Nama hantu tersebut mungkin sudah tidak asing di telinga kita.

Namun, pernahkah kamu kenalan dengan hantu asal tanah Sunda bernama Jurig Jarian? Nama tersebut memang kurang familiar di kalangan masyarakat Indonesia, tapi bagi orang Sunda, mungkin hantu tersebut adalah salah satu yang ditakuti. Wujudnya sendiri tidak ada yang bisa menjabarkan secara pasti. Yang jelas hantu tersebut sudah menjadi momok, khususnya bagi anak-anak karena menebar terror penyakit. Seperti apa sebenarnya Jurig Jarian tersebut?

Penghuni tempat sampah

Jurig berarti hantu, sementara Jarian memiliki makna sampah. Hantu tersebut memang dipercaya sebagai penghuni tempat sampah yang berada di sekitar pemukiman penduduk. Tidak jelas bagaimana wujud hantu tersebut sebenarnya.

Sebab, jarang ada saksi mata yang melihat hantu itu secara langsung. Beberapa pendapat mengatakan jika Jurig Jarian memiliki wujud seperti anak kecil berkepala botak. Namun, sebagian yang lain mendeskripsikannya sebagai hantu perempuan yang menyeramkan.

Hantu yang tidak begitu populer

Berbeda dengan hantu kuntilanak, pocong dan genderuwo yang namanya dikenal seluruh masyarakat Indonesia, hantu Jurig Jarian hanya akrab di telinga orang Sunda saja. Konon, hantu tersebut tidak sering menampakkan diri pada sembarang orang.

Jurig Jarian hanya mau menampakkan diri pada sebagian orang saja. Dipercaya bahwa ‘penghuni tempat sampah’ itu akan muncul di waktu sore hari menjelang magrib. Oleh sebab itu, masyarakat setempat akan menghindari membuang sampah di waktu-waktu tersebut.

Baca Juga : Misteri Mengenai Hantu Black Eyed Child

Mengincar anak dan wanita hamil

Katanya, hantu Jurig Jarian hanya mengincar anak kecil dan ibu hamil saja. Saat mengganggu anak kecil, hantu tersebut akan mengembuskan penyakit yang membuat mereka demam, meriang, atau bentol-bentol dengan rasa gatal yang luar biasa.

Sementara itu, jika Jurig Jarian berniat mengganggu perempuan hamil, maka ia akan merasuki raganya dan membuat wanita hamil tersebut kesurupan. Banyak yang berpendapat jika hantu tersebut memang aneh, karena pada umumnya hantu tidaklah memilih-milih korbannya.

Mengatasi gangguan hantu Jurig Jarian

Dipercaya bahwa mengatasi gangguan hantu Jurig Jarian relatif mudah. Jika korbannya anak kecil, hanya perlu dibacakan Ayat Kursi atau Surah Yaasin dan memberikan air yang sudah dicampur dengan satu sendok garam. Konon, sakit tersebut akan berangsur-angsur sembuh karena pengaruh hantunya sudah menghilang.

Nah, jika korbannya adalah wanita hamil, biasanya dia akan meminta yang aneh-aneh seperti kopi pahit atau air kelapa muda. Setelah semua dikabulkan, konon katanya hantu tak lekas pergi begitu saja. Jadi tetap harus ada ritual pengusiran roh.

Misteri Mengenai Hantu Black Eyed Child

Misteri Mengenai Hantu Black Eyed Child

Jenishantudunia.com – Kisah mengenai Black Eyed Child bagi para penggemar cerita horor pasti bukan hal yang begitu asing. Ya, ini adalah tentang makhluk halus berwujud anak-anak yang sukses membuat banyak orang begidik ketakutan ketika mendengar kisahnya. Belum lagi soal black eye alias mata hitamnya yang makin memberikan visualisasi ngeri akan si hantu tersebut.

Anak-anak bermata hitam sendiri sering hanya disebut legenda. Bahkan ada yang bilang ini cuma cerita buatan yang sengaja diciptakan. Tapi, siapa sangka jika di dunia nyata ternyata banyak kasus-kasus tentang munculnya makhluk ini. Dan benar apa kata cerita, Black Eyed Child ini memang sangat menyeramkan.

Masih tentang si Black Eyed Child, berikut ini adalah beberapa fakta dari hantu Black Eyed Child menyeramkan tersebut.

Bentuk Fisik Black Eyed Child yang Bikin Merinding

Hanya dari mengeja namanya saja kita sebenarnya sudah bisa mendeskripsikan dengan detail sosok hantu Black Eyed Child ini. Ya, seperti namanya, hantu ini berwujud anak-anak yang matanya hitam legam. Soal mata, menurut cerita, hantu ini benar-benar memiliki bola mata yang hitam dan nggak ada sedikitpun aksen warna yang lain. Alhasil, kesannya seperti rongga mata mereka terlihat kosong.

Meskipun hantu ini khas karena matanya, Black Eyed Child juga memiliki ciri mengerikan lainnya. Hal tersebut tak lain adalah kulitnya yang benar-benar pucat seperti orang mati. Jadi, bisa dibayangkan ya bentuk macam apa yang dipunyai hantu satu ini. Berani taruhan, kamu pun pasti bakal kabur kalau melihat yang seperti ini.

Begini Cara Mereka Menakuti Manusia

Nggak hanya muncul secara tiba-tiba, menurut cerita ada beberapa cara lain yang dilakukan hantu satu ini untuk menggoda manusia. Misalnya, mereka bakal muncul di tempat-tempat sepi yang sesekali dilewati mobil. Biasanya, mereka akan mengangkat tangannya layaknya orang yang mau numpang. Dan adalah petaka bagi yang berhenti dan memberikan tumpangan, karena hantu ini akan memberikan pemandangan yang luar biasa ngeri.

Nggak hanya muncul di jalan dan meminta tumpangan, hantu ini konon juga bisa datang ke rumah-rumah. Mereka akan mengetuk pintu seperti orang-orang bertamu, khususnya pada tengah malam. Menurut cerita, jangan sekali pun membuka pintu ketika hal ini terjadi, karena hantu mata hitam bisa masuk dan menghantui semua orang di dalamnya.

Baca Juga : Beberapa Hantu Kalimantan Yang Menyeramkan

Hanya Dianggap Cerita Bualan

Tentang hantu bocah mata hitam ini, banyak yang menganggapnya hanya cerita bualan yang murni diciptakan. Dugaan ini datang karena sumber cerita aslinya nggak pernah jelas. Ya, belum pernah diketahui siapa orang yang pertama kali menceritakan kisah mengerikan ini.

Alasan lain yang jadi bukti kenapa cerita hantu mata hitam ini dianggap hanya khayalan adalah munculnya seseorang yang mengaku menulis kisahnya. Si penulis ini mengatakan sengaja membuat cerita seperti itu karena memiliki tujuan khusus, yakni memberikan semacam kisah hiburan kepada para penyuka hal-hal berbau horor.

Bukti Penglihatan Hantu Anak-Anak Mata Hitam

Kalau dilihat-lihat sih sepertinya cerita tentang anak-anak mata hitam tersebut memang fake alias palsu. Tapi, sebelum benar-benar yakin tentang pendapat itu, kita harus baca dulu banyak dokumentasi soal penglihatan si Black Eyed Child.

Hingga hari ini, tercatat sudah begitu banyak orang-orang yang mengatakan jika mereka melihat si anak-anak mata hitam. Misalnya yang terjadi di Cannock Chase Inggris tahun 2014 lalu. Seorang wanita katanya pernah melihat hantu anak-anak bermata hitam di sini. Kejadian serupa juga dialami oleh seorang pria di Perancis yang mengaku dipanggil-panggil oleh seorang anak bermata hitam. Nggak hanya dua ini, masih ada banyak cerita soal penampakan si bocah bermata hitam tersebut.

Masih Jadi Misteri yang Tak Terpecahkan

Dibilang nyata kok kayaknya nggak mungkin banget ya. Tapi, dikatakan hoax juga susah karena begitu banyak bukti soal eksistensi si makhluk ini. Makanya, orang-orang pun dibikin bingung akan kisah si Black Eyed Child ini. Apakah khayal atau memang benar terjadi.

Namun, kalau boleh dibilang, ternyata lebih banyak orang yang percaya dibandingkan yang tidak. Alasannya sendiri karena mereka percaya teori tentang arwah dan hal-hal gaib. Didukung pula oleh bukti-bukti penglihatan yang ada. Terlepas dari benar atau tidak, yang jelas kisah si hantu anak-anak bermata hitam ini tetap jadi misteri sampai hari ini.

Beberapa Hantu Kalimantan Yang Menyeramkan

Beberapa Hantu Kalimantan Yang Menyeramkan

Jenishantudunia.com – Tidak hanya kaya akan sumber daya, Indonesia ini juga bergelimang hal-hal yang berbau mistis. Kalau tak percaya, coba deh mampir ke tiap pulau di negara ini. Pasti masing-masingnya memiliki hal-hal mistis sendiri. Hal mistis ini sendiri tak melulu dukun atau semacamnya, tapi juga hal-hal yang berhubungan dengan makhluk halus alias hantu.

Ya, hampir di setiap tempat di Indonesia ada hantu-hantunya sendiri dan masing-masing dari mereka cukup seram. Termasuk pula yang ada di Kalimantan. Mungkin tak banyak yang tahu soal itu, tapi di Kalimantan memang tersembunyi hantu-hantu yang seram luar biasa dan siap bikin siapa pun ketakutan.

Serius, berhadapan dengan salah satu dari mereka pasti akan membuatmu bergidik luar biasa. Dan berikut adalah beberapa hantu kalimantan yang sebaiknya kamu waspadai ketika menginjakkan kaki di tanah Borneo.

1. Anak Sima, Si Hantu Pemakan Jantung

Cerita ini beredar di masyarakat sekitar sungai hulu tentang keberadaan ‘Anak Sima’. Hal yang dipercaya masyarakat setempat, Anak Sima adalah bayi yang berasal dari hubungan di luar nikah yang dibuang ke hutan untuk menutupi aib. Bayi tersebut kelaparan dan kedinginan di hutan, hingga ia menangis keras. Tangisan tersebut ternyata mengundang datangnya Takau, sang makhluk halus terkuat dalam mitologi Kalimantan Selatan. Takau tersebut akhirnya pun memutuskan untuk mengasuh bayi itu, bahkan memberinya kesaktian.

Konon, Anak Sima sangat suka memakan jantung. Di Kalimantan, tersebar kepercayaan jika mendengar suara bayi menangis di samping rumah, maka mereka mengatakan, “Aku bukanlah ibumu, ibumu adalah anu di kampung anu.” Masyarakat percaya setelah mengatakan itu, maka Anak Sima akan pergi ke tempat yang dimaksud.

2. Rabing, Setan Jahat di Sungai Angker

Rabing dipercaya sebagai hantu sungai di kawasan angker. Konon, hantu tersebut menyerupai tikar yang ada di dalam air. Namun, kadang Rabing juga kerap digambarkan sebagai makhluk yang mirip dengan penyu sungai yang cangkangnya lunak.

Dipercaya hantu Rabing kerap menggulung orang yang sedang berenang hingga membuat mereka mati lemas. Orang-orang percaya jika datangnya hantu Rabing bisa diketahui ciri-cirinya. Misalnya saja ketika permukaan sungai tenang, namun di dalam air terasa berputar-putar. Dengan mengetahui itu, maka masyarakat akan lebih waspada.

Baca Juga : Jenis Hantu Yang Ada Di Filipina

3. Kuyang, Hantu Kepala yang Menakutkan

Masyarakat percaya cerita tentang Kuyang berasal dari seorang wanita yang mendalami ilmu hitam. Wanita tersebut ingin selalu tampil cantik. Namun, ritual untuk mendapatkan kecantikan tersebut haruslah melewati proses mengerikan, yaitu meminum darah sisa orang yang usai melahirkan.

Untuk melakukan aksinya, konon Kuyang mewujud kepala dengan organ dalam yang masih menggantung di bawah kepala. Masyarakat Banjarmasin meyakini bahwa Kuyang takut pada cermin, sisir, dan pisau. Maka dari itu, orang-orang selalu meletakkan benda-benda tersebut di sekitar orang yang baru melahirkan.

4. Takau, Makhluk Jadi-Jadian yang Suka Menggoda Manusia

Konon, makhluk halus bernama Takau adalah makhluk terkuat dan bisa merubah tubuhnya menjadi bermacam-macam, bahkan menjadi manusia. Banyak yang mengatakan jika Takau paling sering berubah menjadi kucing. Sebab dengan wujud tersebut ia dengan muda menggoda manusia.

Hantu Takau kerap kali dihubung-hubungkan dengan hantu Anak Sima. Meski dipercaya memiliki kekuatan besar, namun orang-orang percaya jika Takau jarang sekali menggaggu manusia.

5. Mariaban, Hantu Raksasa yang Menakutkan

Masyarakat Kalimantan kerap menggambarkan Mariaban adalah sosok bertubuh besar dan berwarna merah darah. Konon, Mariaban adalah hantu yang tinggal di daerah pedalaman. Dipercaya kalau hantu ini sangat ganas yang tidak ragu menyerang manusia atau hewan yang berani memasuki wilayahnya.

Meski banyak yang berpendapat bahwa Mariaban sangat menyeramkan, namun ternyata banyak juga orang yang justru mencari makhluk ini. Konon, bulu dari makluk ini bisa digunakan untuk memikat lawan jenis.

Pengakuan Gaib Di Museum Probolinggo

Pengakuan Gaib Di Museum Probolinggo

Jenishantudunia.com – Museum Dr Moh Saleh di Jalan Dr. Moh Saleh, Desa Tisno Negaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur, masih terkenal dengan keheranannya meskipun telah menjadi tujuan bersejarah di Kota Probolinggo. Sosok Noni Belanda yang mengenakan gaun hijau bergaya Belanda masih berada di museum.

Hal itu dibuktikan seorang supranatural yang sempat berinteraksi dengan mahluk astral cantik yang sudah 120 tahun mendiami museum peninggalan Belanda itu. Sosok noni Belanda itu mengaku bernama Meiliza Ezalibier.

“Antara percaya tidak percaya, karena yang diajak komunikasi itu mahluk gaib, ia mengaku sekitar 120 tahun sudah mendiami museum itu, namun ia tidak mengganggu. Menurutnya yang suka usil tersebut sosok genderuwo yang ada di ruang tengah museum,” kata Gufron Al Amiri, Jumat 18 Januari 2019.

Menurut pengakuan Noni melalui interaksi gaib, dia berasal dari Den Haag, sebuah Kota di Belanda, kemudian ia ikut pamannya ke Nusantara, tepatnya di Yogyakarta.

Sekitar 2 tahun di daerah Istimewa, ia kemudian pindah ke Probolinggo karena pamannya ditugaskan oleh Pemerintah Hindia belanda untuk memimpin Dinas kepegawaian Hindia Belanda di Probolinggo pada tahun 1895.

Baca juga : Mengapa Hantu Berpakaian Manusia

“Namun saat ditanya mengenai meninggalnya karena apa, ia hanya menjawab dengan tangisan tanpa berkata apa-apa lagi,” jelas Gufron.

Dari hasil interaksi gaib antara Gufron Al Amiri dengan sosok noni Belanda yang ada di museum Dr Moh Saleh Kota Probolinggo tersebut, bahwa sebelum didiami dr. Moh Saleh, museum tersebut adalah sebuah Dinas Kepegawaian Hindia Belanda yang ada di Probolinggo.

“Noni Belanda itu mengatakan bahwa sangat menyukai gadis cantik berambut ikal atau kriting yang masih perawan. Karena menurut pengakuan dari noni belanda tersebut, ia meninggal saat hendak menikah dengan lelaki pribumi dan saat itu noni Belanda itu berambut ikal,” ujarnya.

Mengapa Hantu Berpakaian Manusia

Mengapa Hantu Berpakaian Manusia

Jenishantudunia.com – Penampakan hantu di Indonesia umumnya berbentuk makhluk mitologis. Namun, belakangan ini tidak sedikit yang tampil dengan penampilan “modern”, termasuk penggunaan pakaian manusia. Apalagi dengan banyaknya representasi populer dari makhluk tak kasat mata, menyebabkan banyak orang mulai mengubah persepsi mereka, menjadi sosok yang menakutkan yang tampaknya lebih realistis.

Susan Barton, seorang ahli paranormal di wilayah Gettysburg, yang terkenal berhantu di negara bagian Pennsylvania, mengatakan dia telah melihat beberapa penampakan hantu dengan pakaian manusia, demikian sebagaimana dikutip dari Jenishantudunia.com pada Rabu (23/1/2019).

Dia dan timnya, After Dark Investigations, pernah memimpin Agen Sabung Ayam Online S1288 penyelidikan ke Sachs Bridge, sebuah situs bersejarah yang dihantui oleh tentara Perang Sipil Amerika. Suatu malam, dia melihat apa yang awalnya dia pikir adalah prajurit Perang Sipil dalam setelan tentara biru yang duduk di jembatan dengan senjata tua.

“Dia tampak seperti sedang kesakitan dan sangat kotor. Saya tidak tahu apakah dia sesautu yang aneh, atau apa pun itu, jadi saya berjalan melewatinya. Ketika melihat Daftar S128 ke belakang empat detik kemudian, dia menghilang,” kata Barton.

Saat itulah dia menyadari bahwa sosok yang dilihatnya adalah Bandar Agen S128 hantu. Di waktu lain, dia menemukan seorang gadis kecil di hutan mengenakan gaun era 1960-an, sedang menggali tanah.

“Tampaknya seperti gaun shifon warna kuning dengan saku,” kata Barton. Dia mendekati gadis kecil itu untuk melihat apakah dia baik-baik saja, tetapi gadis itu menghilang seketika berlari dan menghilang di depan matanya.

Baca juga : Lokasi Berhantu Menyeramkan Di Dunia

Memproyeksikan Tampilan Terakhir

Menurut Betty DuPont, direktur pada lembaga kajain supranatural Paranormal Investigators of New England, ada penjelasan khusus mengapa banyak hantu muncul dengan pakaian manusia.

“(Hantu) memproyeksikan diri dalam cara yang terakhir mereka rasakan sendiri. Bahkan jika mereka terbakar dalam api atau meninggal dalam operasi, mereka masih tampak mengenakan pakaian terakhirnya, karena itulah cara mereka bisa mengenal dirinya sendiri,” kata Betty DuPont.

Dia mengatakan hantu tidak mengenakan pakaian ketika meninggal, atau dimakamkan (untuk keyakinan tertentu). Menurut Dupont, mereka memakai atribut yang terasa paling dekat dengan identitas mereka dalam kehidupan.

“Model pakaian yang berlaku saat ini akan terlihat pada apa yang dikenakan hantu di masa depan. Para desainer yang merancang sekarang, karya mereka akan hidup selamanya,” jelas Dupont.

Lokasi Berhantu Menyeramkan Di Dunia

Lokasi Berhantu Menyeramkan Di Dunia

Jenishantudunia.com – Beberapa wilayah di dunia sering dijuluki sebagai tempat paling menakutkan dan angker. Kesaksian warga yang mengaku telah melihat sesuatu yang aneh, penampakan, suara tidak dikenal atau bahkan kasus trans membuat tempat itu dikenal sebagai yang paling sering dikunjungi. Dari mulut ke mulut, yang kemudian ditransmisikan dari satu generasi ke generasi yang lain, membuat kisah ajaib itu lebih legendaris. Tidak hanya untuk orang-orang di sekitarnya, tetapi mereka menyebar ke seluruh dunia.

Tempat-tempat menyeramkan dan angker memang sudah tak asing di telinga kita. Masing-masing lokasi tentu menyimpan cerita tersendiri. Ada hal yang melatarbelakangi kejadian tersebut. Sebut saja kasus penyiksaan, bunuh diri, atau bahkan tempat pembunuhan. Karena latar belakang tersebutlah lokasi angker ini kerap dikaitkan dengan sesuatu hal yang berbahaya. Mulai dari pelarangan masuk lokasi angker tersebut atau tak boleh berkata-kata aneh selama berada di sana.

Seperti dikutip dari laman jenishantudunia.com, Senin (11/2/2019), berikut lokasi yang berpredikat sebagai kota berhantu:

Craco, Italia
Kota Craco atau yang dikenal dengan sebutan hillside ghost down ditemukan pertama kali pada Abad ke-8 dan kota ini banyak dipenuhi oleh tebing-tebing tinggi. Namun, kota ini sudah ditinggalkan oleh penduduknya lantaran bencana alam yang terus terjadi. Pada tahun 1963, banyak yang dievakuasi setelah tanah longsor; pada tahun 1972 banjir membuat kondisi semakin genting; dan pada 1980 gempa bumi menyebabkan kota itu ditinggalkan secara keseluruhan. Akibat bencana, banyak warga yang meninggal dan terkubur di tanah itu. Konon, kota ini sangat berhantu. Banyak yang mengklaim jika hantu di sana adalah mereka yang dulu tinggal di sana.

Pulau Hashima, Jepang
Pulau ‘hantu’ tak berpenghuni ini terletak di lepas pantai Nagasaki, Jepang. Pulau yang disebut-sebut angker itu pun telah lama ditinggalkan. Dengan penampakan pulaunya yang mirip kapal perang, tak heran jika Hashima Island umumnya dikenal sebagai Gunkanjima atau pulau kapal perang.  Selama hampir satu abad ( 1887-1974 ), pulau itu merupakan tempat pertambangan batu bara yang menampung ribuan pekerja. Perusahaan Mitsubishi membelinya pada tahun 1890 dan dibangun gedung beton besar pertama di Jepang setinggi 9 lantai. Dengan jumlah penduduk 5.259 orang pada tahun 1959, pulau seluas 6,3 hektar itu adalah tempat yang paling padat penduduknya per meter persegi di dunia.

Ketika tambang yang sibuk itu ditutup, Pulau Hashima jatuh bangkrut. Pulau terpencil itu kemudian dilupakan. Namun hal itu justru menjadi pemikat bagi para wisatawan, dengan struktur mempesona reruntuhannya yang menakutkan. Pulau ‘hantu’ Hashima, merupakan salah satu dari 505 pulau di Prefektur Nagasaki. Letaknya sekitar 15 km dari Nagasaki.

Baca juga : Ciri Hewean Peliharaan Anda Melihat Hantu

Pulau Boneka Xochimilco, Meksiko
Boneka adalah sesuatu hal yang dikenal lucu. Terlebih bagi anak-anak. Namun apa jadinya jika boneka-boneka itu tergantung di pepohonan dengan mata terbelalak dan seperti menatap dengan pandangan kosong. Belum lagi ketika boneka tersebut dalam kondisi rusak sebagian. Apakah Anda masih berfikir mereka lucu? Menurut legenda setempat, di hutan Meksiko ditemukan seorang jasad gadis kecil yang mengambang di tepi sungai. Penjaga pulau tersebut kemudian membawa jasad korban ke tepi sungai. Kala itu, ia tengah memegang sebuah boneka. Untuk mengenang mendiang sang gadis, pria tersebut menggantungkan boneka si gadis di dekat pohon tempat mayatnya ditemukan.

Namun anehnya, pria itu setiap hari membawa boneka ke hutan untuk sang gadis perempuan. Boneka itu ia gantung di setiap pohon. Aktivitas ini terus ia lakukan hingga seluruh pohon di hutan itu digantungi boneka. Hingga akhirnya kegiatan itu terhenti karena sang pria meninggal dunia. Penduduk setempat mengatakan boneka-boneka itu kerap bergerak dan mengeluarkan jeritan setiap tengah malam. Saksi lainnya mengklaim mendengar boneka itu saling berbisik dan mengganggu pengunjung yang datang.

Kolmanskop, Namibia
Kolmanskop adalah yang paling ramai di awal 1900-an, ketika penambang Jerman datang ke daerah itu untuk berburu berlian. Kota ini memiliki ruang dansa, rumah sakit, dan arena bowling di antara fasilitas lainnya setelah ramai dikunjungi. Namun, tak lama setelah Perang Dunia I, kota ini benar-benar ditinggalkan. Banyak warga yang tak bisa berbuat apa-apa hingga meninggal di kawasan itu.

Ciri Hewean Peliharaan Anda Melihat Hantu

Ciri Hewean Peliharaan Anda Melihat Hantu

Jenishantudunia.com – Kebanyakan orang berpendapat bahwa ketika hewan peliharaan mereka bertingkah aneh dan tidak normal, mereka cenderung merasakan “sesuatu” yang aneh, berbahaya atau bahkan sedang melihat hantu. Ambil contoh, ketika seekor anjing menggonggong sambil menunjuk ke suatu tempat di mana tidak ada orang, atau seekor kucing yang tiba-tiba berhenti bermain dan menatap ruang kosong yang bukan apa-apa.

Beberapa orang bahkan percaya bahwa hewan peliharaan memiliki indra keenam, yang membuat mereka bisa merasakan kehadiran hantu. Mereka juga yakin bahwa hewan lain di seluruh dunia dapat memprediksi bencana alam dan peristiwa tak menyenangkan lainnya.

Berikut ciri-ciri kalau hewan peliharaan melihat hantu.

Mengikuti Sesuatu
Hewan tersebut mungkin sedang duduk diam, ketika tiba-tiba ia beranjak dan berlari mengikuti sesuatu yang tak Anda lihat. Dengan penuh semangat, mereka mengejar “sesuatu” itu hingga menggonggonginya.

Menggonggong Tanpa Sebab
Kehadiran makhluk gaib di rumah Anda konon bisa dideteksi dengan polah hewan peliharaan, salah satunya ialah anjing menyalak tanpa sebab atau kucing yang tiba-tiba marah. Ini bisa berarti mereka mendengar sesuatu yang Anda tidak dengar atau merasakan kehadiran hantu.

Baca juga : Ini Jawabannya Kenapa Hantu Selalu Terlihat Di Malam Hari

Mencari Kenyamanan atau Berusaha Melindungi Manjikan
Ketika anjing atau kucing Anda mulai merasa cemas setelah melihat “sesuatu”, mereka biasanya mencoba bersembunyi di belakang Anda atau berdiri di depan untuk melindungi Anda. Beberapa orang berpendapat bahwa sikap ini mungkin karena mereka melihat hantu yang tidak ramah.

Berperilaku Tak Wajar
Jika anjing atau kucing Anda berperilaku seolah-olah ada orang lain di ruangan yang sama dengan Anda berada, dan hal tersebut mampu menarik perhatian hewan Anda, maka bisa dipastikan ada hantu di rumah Anda.

Disentuh Oleh Hantu
Mungkin anjing Anda akan berguling-guling seolah-olah ia menerima elusan di perutnya dari sosok yang kasat mata, atau kucing Anda melakukan salam jari kaki depannya (paw) pada sesuatu, padahal tak ada orang di sana.

Ini Jawabannya Kenapa Hantu Selalu Terlihat Di Malam Hari

Ini Jawabannya Kenapa Hantu Selalu Terlihat Di Malam Hari

Jenishantudunia.com – Pernahkah Anda terbangun di tengah malam dan melihat bayangan yang aneh dan menakutkan? Atau hanya di rumah pada malam hari dan melihat sesuatu yang bergerak, seperti hantu keluar dari sudut mata Anda? Sebuah benang merah yang menyatukan semuanya adalah: itu terjadi di malam hari. Kenapa begitu?

Dikutip dari Collective Evolution pada Kamis (25/4/2019), keakuratan visi manusia terhadap hal-hal paranormal bervariasi, tetapi setiap orang memiliki karunia untuk dapat melihat dan berkomunikasi dengan makhluk dari sisi lain.

“Ini adalah bagian dari indra keenam kita,” ujar Steven Webber, ahli neurologi dan pemerhati isu-isu paranormal dari University of Richmond, Amerika Serikat (AS),

Beberapa orang dapat melihat hantu dengan lebih jelas karena mereka kurang menghalangi pandangan mereka. Hal-hal yang dapat menghentikan Anda dari benar-benar melihat sesuatu yang bersifat paranormal adalah kepercayaan, emosi yang kuat seperti ketakutan atau fobia, serta pengalaman negatif di masa lalu. Webber menambahkan bahwa penglihatan terhadap aktivitas paranormal lebih terasa oleh anak-anak dibandingkan orang dewasa. Hal ini dikarenakan mereka berpikiran terbuka dan rileks, sehingga lebih memungkinkan untuk melihat makhluk di sisi lain.

“Ketika kita berada dalam keadaan santai, otak berubah dari gelombang beta, yang diproduksi ketika kita waspada dan fokus pada tugas yang dihadapi, menjadi gelombang alfa, yang lebih lambat dan lebih santai,” jelas Webber.

“Saat tubuh dalam kondisi santai, pertahanan alami kita turun dan kita menjadi lebih terbuka. Pandangan kita tentang lingkungan kita menjadi lunak, bahkan kabur pada saat-saat sebelum kita tidur, seolah-olah dunia luar memudar dari pandangan. Pada titik inilah, di mana kita menghilangkan segalanya, kita kadang-kadang bisa melihat bayangan melesat dari satu bagian ruangan ke bagian lain atau fenomena paranormal lainnya,” lanjutnya menjelaskan. Webber menambahkan bahwa pemandangan tersebut biasanya cukup untuk membuat seseorang tersentak bangun, dengan demikian mengubah keadaan gelombang otak kembali ke beta, sehingga menyebabkan kita mempertanyakan apakah itu benar hantu atau tidak.

Peralihan Fungsi Otak ke Bagian Lebih Dalam

Dijelaskan oleh Webber, bahwa jika seseorang pernah mengalami meditasi ringan, maka dia akan tahu perasaan kondisi gelombang otak alfa.

“Ketika kita bermeditasi, kita dapat melihat hal-hal yang tidak dapat kita lihat dengan jelas ketika waspada dan dalam kondisi beta,” ujarnya.

“Kita dapat melihat warna, pemandangan, suara, dan makhluk dari sisi lain dalam meditasi dasar yang dipandu dengan indah ketika kita mengalaminya, tetapi entah bagaimana kurang dapat dipercaya begitu kita menarik diri keluar dari keadaan santai itu,” lanjut Webber.

Dalam mimpi manusia, seseorang mengalihkan fungsi otak ke tempat yang lebih dalam, seperti delta dan theta, di mana hal tersebut membuat imajinasi terasa nyata. Sederhananya, bahwa ketika gelombang otak mannusia berubah, persepsi tentang realitas pun akan berubah untuk menyesuaikannya.

Baca juga : 800 Patung Seolah Hidup Bikin Merinding

“Ada saat-saat ketika imajinasi kita mengambil alih dan menciptakan visi dalam pikiran yang terasa sangat nyata dan kadang-kadang sangat menakutkan. Kita bisa membayangkan bayangan dan hantu dan segala macam fenomena paranormal yang menakutkan,” kata Webber.

Perbedaan Imajinasi dan Hal Paranormal

Seorang paranormal, atau medium yang terlatih, akan mengetahui perbedaan antara visi yang datang dari imajinasi dan yang berasal dari roh. Salah satu perbedaan utamanya adalah bahwa visi dari imajinasi atau ego manusia selalu berakar pada rasa takut. Sebagai contoh, kita membayangkan bahwa ada sesuatu yang melayang di atas kita ketika tidur, dan seolah ingin menyakiti. Perasaan ini berakar pada rasa takut dan karenanya merupakan produk dari imajinasi. Namun, sebagai contoh, jika malam hari ketika sedang menonton televisi, seseorang merasa melihat bayangan kabur serupa hantu, artinya dia kemungkinan berada dalam kondisi gelombang otak alfa.

“Namun, jika Anda berada di tempat tidur dan Anda merasa merinding seolah-olah seseorang sedang membelai lengan Anda, atau pipi Anda tiba-tiba menggelitik selama beberapa saat seolah-olah seseorang sedang mencium Anda, maka Anda benar-benar menyaksikan sesuatu yang bersifat paranormal,” ujar Webber.

“Ini sering kali adalah pemandu roh Anda atau orang-orang terkasih dari pihak lain yang mengawasi Anda, atau ingin memberi tahu Anda bahwa mereka ada di sana,” lanjutnya.

Ditambahkan oleh Webber, bahwa jika seseorang dapat menunda penilaian dan menentukan apakah penglihatan atau perasaannya berasal dari rasa takut, maka dia dapat menerima bahwa telah melihat sesuatu paranormal.

“Ini adalah kunci untuk mengakses visi psikis Anda, tetapi jika Anda tidak tertarik untuk membuka pusat psikis otak Anda, maka Anda selalu dapat mengabaikan bayangan dan menyalahkan suara-suara aneh pada sesuatu yang kasat mata, seperti kucing misalny,” pungkasnya.

Legenda Hantu Oiwa Yotsuya Kaidan

Legenda Hantu Oiwa Yotsuya Kaidan

Jenishantudunia.com – Seorang wanita muda yang sangat cantik tinggal di sebuah kota kecil di Jepang. Nama pacarnya adalah iemon dan meskipun ia tidak punya banyak uang, Oiwa sangat suka pcarbya ini.

Dia sangat senang ketika kekasih masa kecilnya memintanya untuk menikah dengannya. Setelah pernikahan, mereka pindah bersama dan pasangan bahagia ini segera menunggu bayi.

Jauh sebelum menikah, Iemon membenci istrinya yang muda dan bahagia dan memulai perselingkuhan dengan seorang wanita muda dan kaya, Oume.

Dia telah menjalin hubungan selama berbulan-bulan dan dia akhirnya jatuh cinta dengan Oume, meskipun miskin dan fakta bahwa dia sudah menikah.

Suatu hari, ayah Oume datang untuk menemui iemon. Iemon mengatakan dia sudah menikah, tetapi karena putrinya sangat mencintainya. Ayah Oume kemudian memberikan segala cara yang mungkin untuk menceraikan istrinya dan memastikan keberhasilan putranya di masa depan. Iemon mendengarkan dengan penuh perhatian.

Iemon sudah lama berpikir tentang apa yang dikatakan ayah Oume kepadanya. Sebuah rencana jahat mulai terbentuk di benaknya. Dia memutuskan bahwa satu-satunya cara untuk menikahi Oume adalah dengan menyingkirkan Oiwa dan anaknya yang belum lahir. Dia pikir cara termudah untuk melakukannya adalah meracuni Oiwa dan memberinya kesan mati karena alasan alami. Oiwa yang tidak tahu apa-apa tentang rencana pembunuhan suaminya. Mengabaikan nasib Bruk yang akan menimpanya, ia terus mempersiapkan diri dengan bahagia untuk kelahiran bayi mereka.

Suatu malam, ketika Oiwa dan Iemon duduk di meja untuk makan malam, Oiwa melihat suaminya yang aneh dan gugup. Iemon menyuruh Oiwa untuk makan, tetapi Iemon tidak menyentuh makanan. Dia berteriak pada Oiwa dan menyuruhnya berhenti mengeluh dan segera memakan makanannya sendiri. Dia harus kuat untuk bayi, katanya. Oiwa akhirnya berhenti tidak menggoda selera Iemon dan memulai makan malamnya sendiri. Tak lama setelah itu, setelah mengambil kakinya, dia merasa sangat sakit.

Iemon mengawasinya, melihat Oiwa yang sakit akibat efek racun, Iemon tidak menawarkan bantuan istrinya. Tapi Oiwa tidak langsung mati. Wajah cantiknya menjadi cacat dari racun pertama. Kemudian dia menjadi tidak sadar. Sepertinya Iemon telah menyelesaikan pekerjaannya, Oiwa telah menjadi mayat di tempat tidurnya. Namun akhirnya, Oiwa terbangun dari koma karena efek racunnya. Dia kehilangan bayinya dan wajahnya jelek dan mengerikan, tetapi Oiwa yang hebat masih hidup.

Iemon putus asa. Dia mencari cara lain untuk berpisah dari istrinya. Suatu malam, dia mengundang Oiwa keluar. Iemon membawa istrinya ke tebing, dan Iemon melihat sekeliling untuk melihat apakah ada orang di dekatnya. Tidak ada yang terlihat.

Iemon dengan niat buruk kemudian mendorong Oiwa yang sedang berjalan di tepi tebing.

Singkat Cerita

Tanpa Berpikir kekhawatiran yang lebih, Iemon sekrang merencanakan pernikahan untuk Oume. Malam sebelum pernikahan itu berlangsung, Iemon melihat lampu di samping tempat tidurnya meredup. Dia melihat hal itu dan dengan penasaran, sepertinya tampaknya berubah. Wajah cacat dari Oiwa tiba-tiba menggantikan lampu, tumbuh lebih besar dan lebih besar di dalam ruangan.

“Pengkhianatan!” bgitulah Katanya

Iemon meraih tongkat dan mengayunkan ke wajahnya, tapi Oiwa menghilang namun tngkat itu hanya mengenai lampu dan pecah jatuh ke lantai. Iemon merasa mendengar tawa samar seorang wanita dari luar. Dalam keadaan Terguncang, Iemon meyakinkan dirinya sendiri bahwa itu hanya hallusinasinya karna terlalu banyak minum alkohol di awal malam hari, lalu dia pergi tidur.

Baca juga : Legenda Hantu OKiku

Keesokan harinya, Iemon lupa semua tentang hantu tadi malam. Dia dan Oume yang menikah. Ketika ia mengangkat tangan istri barunya Oume,tp tiba-tiba wajah muda cantik Oume diganti dengan wajah mengerikan Oiwa. “Pengkhianatan!” Desisnya.

Ngeri!! Iemon mengambil pedangnya dan mengayunkannya di penampakan hantu itu, memotong kepala hantu Oiwa, Kepalanya terputus bergulir menyusuri lorong gereja, tetapi ketika kepala itu berhenti bergelinding, dan dia lihat itu adalah wajah Oume dan bukan Oiwa seperti sebelumnya. Dia mendengar suara samar tawa lagi.

Iemon lari ke rumah kcilnya, mencari tempat untuk bersembunyi. Ada suara berdebar di pintu, dan itu adalah kakek Oume yg datang menuntut dan Iemon membukakan pintu. Ketika Iemon membuka pintu ia melihat lagi, Oiwa berdiri di sana. “Pengkhianatan!” Desisnya.

Sekali lagi, Iemon mencoba memancung dia, tetapi ketika ia selesei mengayunkan pedangnya, itu adalah kakek Oume yang sudah terbaring mati.
Iemon berlari ke tebing, tawa Oiwa mengikutinya. Dia berhenti di tepi tebing dan melihat ke bawah, mungkin berubah pikiran.