Mitos Mengenai Hantu Pulung Gantung

Mitos Mengenai Hantu Pulung Gantung

Jenishantudunia.com – Bukan hanya di negeri sakura Jepang, di Indonesia juga ada fenomena serupa kasus bunuh diri yang setiap tahun jumlah korbannya konsisten dan bahkan cenderung bertambah. Fenomena yang mengkhawatirkan ini tepatnya banyak terjadi di kabupaten Gunungkidul, di daerah tenggara Daerah Istimewa Yogyakarta. Selama kurun waktu 10 tahun mulai dari 2003 – 2012 tercatat ada 330 peristiwa bunuh diri yang berarti ada 33 kasus setiap tahunnya.

Namun, ada sebuah mitos yang berembus sangat kencang di masyarakat mengenai sebuah legenda mistis bernama Pulung Gantung. Dinamakan gantung, karena rata-rata mereka yang tewas mengakhiri hidupnya dengan cara menggantung diri. Dalam setiap kasus bunuh diri yang terjadi, masyarakat selalu mengaitkannya dengan mitos yang satu ini.

Menyoal Pulung Gantung, mitos asli Gunung Kidul

Pulung Gantung digambarkan seperti sebuah benda misterius berbentuk bola api yang berpijar berwarna merah kekuningan dan memiliki ekor atau buntut. Konon kabarnya, apabila benda ini terlihat melayang di atas sebuah rumah warga, maka salah seorang penghuninya dalam waktu dekat akan melaksanakan ritual bunuh diri.

Tak ada yang tahu pasti apakah Pulung Gantung ini merupakan sebuah benda atau sesosok makhluk, sebab ia tampak seperti sebuah benda namun juga terlihat hidup berkat kobaran apinya yang berkilat-kilat serta sesekali meredup padam dan membara ganas. Satu hal yang pasti, penampakkan Pulung Gantung ini menjadi isyarat kuat akan adanya warga setempat yang bakal melakukan bunuh diri.

Salah satu peristiwa bunuh diri paling janggal yang pernah terjadi

Ada sebuah cerita yang diperoleh dari salah seorang warga setempat mengenai peristiwa magis nan tragis ini. Sebut saja namanya Budi, yang tempat tinggalnya berada di wilayah tersebut. Kebetulan ia punya seorang tetangga yang sudah berusia tua renta dengan penyakit menahun yang membuatnya tak lagi mampu berjalan.

Setelah mendengar kesaksian salah satu warga yang mengatakan telah melihat Pulung Gantung di atas rumah si kakek tersebut pada malam sebelumnya, masyarakat setempat langsung bersiaga untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan. Selain menggelar siaga malam di teras rumah masing-masing, diutus pula seseorang secara bergantian untuk mendampingi sang kakek.
Namun, suatu hari peristiwa mengerikan tersebut terjadi juga. Pada hari yang naas tersebut, warga yang mendapat tugas pendampingan mengaku disuruh oleh sang kakek untuk mengambilkan ia sesuatu ke luar rumah. Tak sampai 15 menit, begitu kembali, alangkah tercekatnya ia ketika menemukan pria tua tersebut telah tewas gantung diri di sudut rumah menggunakan kain sarung. Padahal, seperti kita tahu, jangankan berjalan, si kakek ini bahkan tak lagi bisa berdiri.

Baca Juga : Mengenai Mitos Jurig Jarian Hantu Penghuni Tempah Sampah

Mengetahui hal tersebut, para warga hanya bisa pasrah dan berduka. Begitulah, meski telah dijaga oleh ratusan atau bahkan ribuan warga, lambat laun, mereka yang rumahnya telah “dihinggapi” oleh Pulung Gantung pasti menemukan cara untuk mengakhiri hidupnya.

Asal-usul legenda Pulung Gantung

Menurut salah seorang sesepuh yang tinggal di dekat komplek pemakaman raja-raja Mataram, dahulu kala ketika terjadi perseteruan antara Majapahit dan Demak, para prajurit dan rakyat yang setia terhadap raja Brawijaya V melarikan diri ke arah Gunung Kidul karena menganggap lokasi ini terpencil dan sulit dijangkau.

Sang raja yang memiliki kekuatan maha sakti, memutuskan untu bersemedi dan melakukan muksa alias menghilang bersama raganya untuk menghadap yang maha kuasa. Tragis, para pengikutnya gagal mengikuti sang raja karena ilmunya masih cetek. Mereka yang gagal kemudian berubah wujud menjadi jenglot, atau makhluk kerdil yang hobi meminum darah manusia.
Sedangkan, sebagian pengikut lain yang sama sekali tak memiliki kemampuan, jadi frustrasi dan menyerah menjalani hidup karena ditinggal pemimpinnya. Maka, karena dianggap sebagai jalan terbaik, mereka pun melakukan bunuh diri massal dengan cara menggantung diri. Peristiwa memilukan tersebut meninggalkan energi negatif yang hingga kini masih membekas di daerah Gunung Kidul.

Roh atau arwah yang ditolak oleh kehidupan selanjutnya tersebut, berganti wujud menjadi sebuah benda atau sesosok makhluk berbentuk bola api yang saat ini kita kenal sebagai Pulung Gantung dan tak henti-hentinya mengajak jiwa-jiwa yang kurang beruntung untuk mengakhiri hidupnya seperti mereka.

Upaya Pencegahan sudah maksimal

Diketahui para pelaku (atau korban?) bunuh diri ini rata-rata berusia 50 tahun ke atas. Pihak kepolisian kemudian menduga bahwa selain mitos yang kesohor mengenai Pulung Gantung itu, kejadian ini banyak dipicu karena depresi dan frustrasi yang sangat akut.

Oleh karena itu, agar hal mengerikan tersebut tidak terulang terus-menerus, aparat setempat langsung mengerahkan upaya pencegahan seperti sosialisasi kepada masyarakat sekitar hingga menggandeng tokoh agama, spiritual, dan bahkan ahli kejiwaan di setiap satu puskesmas di Gunungkidul.

Mengenai Mitos Jurig Jarian Hantu Penghuni Tempah Sampah

Mengenai Mitos Jurig Jarian Hantu Penghuni Tempah Sampah

Jenishantudunia.com – Nusantara Indonesia memang gudangnya cerita mistis. Berbagai jenis hantu bahkan memiliki nama populer yang setara dengan artis. Misalnya saja, Genderuwo yang berasal dari tanah Jawa atau Leak dari Bali. Nama hantu tersebut mungkin sudah tidak asing di telinga kita.

Namun, pernahkah kamu kenalan dengan hantu asal tanah Sunda bernama Jurig Jarian? Nama tersebut memang kurang familiar di kalangan masyarakat Indonesia, tapi bagi orang Sunda, mungkin hantu tersebut adalah salah satu yang ditakuti. Wujudnya sendiri tidak ada yang bisa menjabarkan secara pasti. Yang jelas hantu tersebut sudah menjadi momok, khususnya bagi anak-anak karena menebar terror penyakit. Seperti apa sebenarnya Jurig Jarian tersebut?

Penghuni tempat sampah

Jurig berarti hantu, sementara Jarian memiliki makna sampah. Hantu tersebut memang dipercaya sebagai penghuni tempat sampah yang berada di sekitar pemukiman penduduk. Tidak jelas bagaimana wujud hantu tersebut sebenarnya.

Sebab, jarang ada saksi mata yang melihat hantu itu secara langsung. Beberapa pendapat mengatakan jika Jurig Jarian memiliki wujud seperti anak kecil berkepala botak. Namun, sebagian yang lain mendeskripsikannya sebagai hantu perempuan yang menyeramkan.

Hantu yang tidak begitu populer

Berbeda dengan hantu kuntilanak, pocong dan genderuwo yang namanya dikenal seluruh masyarakat Indonesia, hantu Jurig Jarian hanya akrab di telinga orang Sunda saja. Konon, hantu tersebut tidak sering menampakkan diri pada sembarang orang.

Jurig Jarian hanya mau menampakkan diri pada sebagian orang saja. Dipercaya bahwa ‘penghuni tempat sampah’ itu akan muncul di waktu sore hari menjelang magrib. Oleh sebab itu, masyarakat setempat akan menghindari membuang sampah di waktu-waktu tersebut.

Baca Juga : Misteri Mengenai Hantu Black Eyed Child

Mengincar anak dan wanita hamil

Katanya, hantu Jurig Jarian hanya mengincar anak kecil dan ibu hamil saja. Saat mengganggu anak kecil, hantu tersebut akan mengembuskan penyakit yang membuat mereka demam, meriang, atau bentol-bentol dengan rasa gatal yang luar biasa.

Sementara itu, jika Jurig Jarian berniat mengganggu perempuan hamil, maka ia akan merasuki raganya dan membuat wanita hamil tersebut kesurupan. Banyak yang berpendapat jika hantu tersebut memang aneh, karena pada umumnya hantu tidaklah memilih-milih korbannya.

Mengatasi gangguan hantu Jurig Jarian

Dipercaya bahwa mengatasi gangguan hantu Jurig Jarian relatif mudah. Jika korbannya anak kecil, hanya perlu dibacakan Ayat Kursi atau Surah Yaasin dan memberikan air yang sudah dicampur dengan satu sendok garam. Konon, sakit tersebut akan berangsur-angsur sembuh karena pengaruh hantunya sudah menghilang.

Nah, jika korbannya adalah wanita hamil, biasanya dia akan meminta yang aneh-aneh seperti kopi pahit atau air kelapa muda. Setelah semua dikabulkan, konon katanya hantu tak lekas pergi begitu saja. Jadi tetap harus ada ritual pengusiran roh.

Misteri Mengenai Hantu Black Eyed Child

Misteri Mengenai Hantu Black Eyed Child

Jenishantudunia.com – Kisah mengenai Black Eyed Child bagi para penggemar cerita horor pasti bukan hal yang begitu asing. Ya, ini adalah tentang makhluk halus berwujud anak-anak yang sukses membuat banyak orang begidik ketakutan ketika mendengar kisahnya. Belum lagi soal black eye alias mata hitamnya yang makin memberikan visualisasi ngeri akan si hantu tersebut.

Anak-anak bermata hitam sendiri sering hanya disebut legenda. Bahkan ada yang bilang ini cuma cerita buatan yang sengaja diciptakan. Tapi, siapa sangka jika di dunia nyata ternyata banyak kasus-kasus tentang munculnya makhluk ini. Dan benar apa kata cerita, Black Eyed Child ini memang sangat menyeramkan.

Masih tentang si Black Eyed Child, berikut ini adalah beberapa fakta dari hantu Black Eyed Child menyeramkan tersebut.

Bentuk Fisik Black Eyed Child yang Bikin Merinding

Hanya dari mengeja namanya saja kita sebenarnya sudah bisa mendeskripsikan dengan detail sosok hantu Black Eyed Child ini. Ya, seperti namanya, hantu ini berwujud anak-anak yang matanya hitam legam. Soal mata, menurut cerita, hantu ini benar-benar memiliki bola mata yang hitam dan nggak ada sedikitpun aksen warna yang lain. Alhasil, kesannya seperti rongga mata mereka terlihat kosong.

Meskipun hantu ini khas karena matanya, Black Eyed Child juga memiliki ciri mengerikan lainnya. Hal tersebut tak lain adalah kulitnya yang benar-benar pucat seperti orang mati. Jadi, bisa dibayangkan ya bentuk macam apa yang dipunyai hantu satu ini. Berani taruhan, kamu pun pasti bakal kabur kalau melihat yang seperti ini.

Begini Cara Mereka Menakuti Manusia

Nggak hanya muncul secara tiba-tiba, menurut cerita ada beberapa cara lain yang dilakukan hantu satu ini untuk menggoda manusia. Misalnya, mereka bakal muncul di tempat-tempat sepi yang sesekali dilewati mobil. Biasanya, mereka akan mengangkat tangannya layaknya orang yang mau numpang. Dan adalah petaka bagi yang berhenti dan memberikan tumpangan, karena hantu ini akan memberikan pemandangan yang luar biasa ngeri.

Nggak hanya muncul di jalan dan meminta tumpangan, hantu ini konon juga bisa datang ke rumah-rumah. Mereka akan mengetuk pintu seperti orang-orang bertamu, khususnya pada tengah malam. Menurut cerita, jangan sekali pun membuka pintu ketika hal ini terjadi, karena hantu mata hitam bisa masuk dan menghantui semua orang di dalamnya.

Baca Juga : Beberapa Hantu Kalimantan Yang Menyeramkan

Hanya Dianggap Cerita Bualan

Tentang hantu bocah mata hitam ini, banyak yang menganggapnya hanya cerita bualan yang murni diciptakan. Dugaan ini datang karena sumber cerita aslinya nggak pernah jelas. Ya, belum pernah diketahui siapa orang yang pertama kali menceritakan kisah mengerikan ini.

Alasan lain yang jadi bukti kenapa cerita hantu mata hitam ini dianggap hanya khayalan adalah munculnya seseorang yang mengaku menulis kisahnya. Si penulis ini mengatakan sengaja membuat cerita seperti itu karena memiliki tujuan khusus, yakni memberikan semacam kisah hiburan kepada para penyuka hal-hal berbau horor.

Bukti Penglihatan Hantu Anak-Anak Mata Hitam

Kalau dilihat-lihat sih sepertinya cerita tentang anak-anak mata hitam tersebut memang fake alias palsu. Tapi, sebelum benar-benar yakin tentang pendapat itu, kita harus baca dulu banyak dokumentasi soal penglihatan si Black Eyed Child.

Hingga hari ini, tercatat sudah begitu banyak orang-orang yang mengatakan jika mereka melihat si anak-anak mata hitam. Misalnya yang terjadi di Cannock Chase Inggris tahun 2014 lalu. Seorang wanita katanya pernah melihat hantu anak-anak bermata hitam di sini. Kejadian serupa juga dialami oleh seorang pria di Perancis yang mengaku dipanggil-panggil oleh seorang anak bermata hitam. Nggak hanya dua ini, masih ada banyak cerita soal penampakan si bocah bermata hitam tersebut.

Masih Jadi Misteri yang Tak Terpecahkan

Dibilang nyata kok kayaknya nggak mungkin banget ya. Tapi, dikatakan hoax juga susah karena begitu banyak bukti soal eksistensi si makhluk ini. Makanya, orang-orang pun dibikin bingung akan kisah si Black Eyed Child ini. Apakah khayal atau memang benar terjadi.

Namun, kalau boleh dibilang, ternyata lebih banyak orang yang percaya dibandingkan yang tidak. Alasannya sendiri karena mereka percaya teori tentang arwah dan hal-hal gaib. Didukung pula oleh bukti-bukti penglihatan yang ada. Terlepas dari benar atau tidak, yang jelas kisah si hantu anak-anak bermata hitam ini tetap jadi misteri sampai hari ini.

Beberapa Hantu Kalimantan Yang Menyeramkan

Beberapa Hantu Kalimantan Yang Menyeramkan

Jenishantudunia.com – Tidak hanya kaya akan sumber daya, Indonesia ini juga bergelimang hal-hal yang berbau mistis. Kalau tak percaya, coba deh mampir ke tiap pulau di negara ini. Pasti masing-masingnya memiliki hal-hal mistis sendiri. Hal mistis ini sendiri tak melulu dukun atau semacamnya, tapi juga hal-hal yang berhubungan dengan makhluk halus alias hantu.

Ya, hampir di setiap tempat di Indonesia ada hantu-hantunya sendiri dan masing-masing dari mereka cukup seram. Termasuk pula yang ada di Kalimantan. Mungkin tak banyak yang tahu soal itu, tapi di Kalimantan memang tersembunyi hantu-hantu yang seram luar biasa dan siap bikin siapa pun ketakutan.

Serius, berhadapan dengan salah satu dari mereka pasti akan membuatmu bergidik luar biasa. Dan berikut adalah beberapa hantu kalimantan yang sebaiknya kamu waspadai ketika menginjakkan kaki di tanah Borneo.

1. Anak Sima, Si Hantu Pemakan Jantung

Cerita ini beredar di masyarakat sekitar sungai hulu tentang keberadaan ‘Anak Sima’. Hal yang dipercaya masyarakat setempat, Anak Sima adalah bayi yang berasal dari hubungan di luar nikah yang dibuang ke hutan untuk menutupi aib. Bayi tersebut kelaparan dan kedinginan di hutan, hingga ia menangis keras. Tangisan tersebut ternyata mengundang datangnya Takau, sang makhluk halus terkuat dalam mitologi Kalimantan Selatan. Takau tersebut akhirnya pun memutuskan untuk mengasuh bayi itu, bahkan memberinya kesaktian.

Konon, Anak Sima sangat suka memakan jantung. Di Kalimantan, tersebar kepercayaan jika mendengar suara bayi menangis di samping rumah, maka mereka mengatakan, “Aku bukanlah ibumu, ibumu adalah anu di kampung anu.” Masyarakat percaya setelah mengatakan itu, maka Anak Sima akan pergi ke tempat yang dimaksud.

2. Rabing, Setan Jahat di Sungai Angker

Rabing dipercaya sebagai hantu sungai di kawasan angker. Konon, hantu tersebut menyerupai tikar yang ada di dalam air. Namun, kadang Rabing juga kerap digambarkan sebagai makhluk yang mirip dengan penyu sungai yang cangkangnya lunak.

Dipercaya hantu Rabing kerap menggulung orang yang sedang berenang hingga membuat mereka mati lemas. Orang-orang percaya jika datangnya hantu Rabing bisa diketahui ciri-cirinya. Misalnya saja ketika permukaan sungai tenang, namun di dalam air terasa berputar-putar. Dengan mengetahui itu, maka masyarakat akan lebih waspada.

Baca Juga : Jenis Hantu Yang Ada Di Filipina

3. Kuyang, Hantu Kepala yang Menakutkan

Masyarakat percaya cerita tentang Kuyang berasal dari seorang wanita yang mendalami ilmu hitam. Wanita tersebut ingin selalu tampil cantik. Namun, ritual untuk mendapatkan kecantikan tersebut haruslah melewati proses mengerikan, yaitu meminum darah sisa orang yang usai melahirkan.

Untuk melakukan aksinya, konon Kuyang mewujud kepala dengan organ dalam yang masih menggantung di bawah kepala. Masyarakat Banjarmasin meyakini bahwa Kuyang takut pada cermin, sisir, dan pisau. Maka dari itu, orang-orang selalu meletakkan benda-benda tersebut di sekitar orang yang baru melahirkan.

4. Takau, Makhluk Jadi-Jadian yang Suka Menggoda Manusia

Konon, makhluk halus bernama Takau adalah makhluk terkuat dan bisa merubah tubuhnya menjadi bermacam-macam, bahkan menjadi manusia. Banyak yang mengatakan jika Takau paling sering berubah menjadi kucing. Sebab dengan wujud tersebut ia dengan muda menggoda manusia.

Hantu Takau kerap kali dihubung-hubungkan dengan hantu Anak Sima. Meski dipercaya memiliki kekuatan besar, namun orang-orang percaya jika Takau jarang sekali menggaggu manusia.

5. Mariaban, Hantu Raksasa yang Menakutkan

Masyarakat Kalimantan kerap menggambarkan Mariaban adalah sosok bertubuh besar dan berwarna merah darah. Konon, Mariaban adalah hantu yang tinggal di daerah pedalaman. Dipercaya kalau hantu ini sangat ganas yang tidak ragu menyerang manusia atau hewan yang berani memasuki wilayahnya.

Meski banyak yang berpendapat bahwa Mariaban sangat menyeramkan, namun ternyata banyak juga orang yang justru mencari makhluk ini. Konon, bulu dari makluk ini bisa digunakan untuk memikat lawan jenis.

Hantu yang Melegenda dan Dianggap Paling Menakutkan

Hantu yang Melegenda dan Dianggap Paling Menakutkan

Jenishantudunia.com – Indonesia adalah negara yang memiliki budaya dan bahasa daerah terbanyak, Hal itu tentunya wajar mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. Ada berbagai pulau besar dan pulau kecil yang ada di Indonesia. Masing-masing pulau ini melahirkan budaya dan bahasa daerah sendiri-sendiri. Bahkan dalam satu pulau saja bisa ada berbagai budaya di sana.

Nah, faktor budaya inilah yang kemudian melahirkan legenda hantu di masing-masing daerah. Percaya atau tidak, beberapa jenis hantu ini memang terlahir di Indonesia dan tidak akan ditemui di negara lain.

Nah, kamu penasaran legenda hantu apa saja yang dimaksud, bukan?

Berikut legenda hantu Indonesia yang dianggap paling menyeramkan.

1. Pocong

Sosok ini dianggap sebagai hantu paling mengerikan oleh masyarakat Indonesia.

Banyak yang mempercayai bahwa pocong merupakan bentuk protes dari orang mati yang tali kafannya lupa dibuka saat kuburan sudah ditutup dengan tanah.

Karena itu sosok pocong digambarkan sebagai hantu yang melompat-lompat dan mendekati amngsanya.

Selain itu, pocong juga sering digambarkan memiliki wajah dengan warna putih pucat tanpa ekspresi dan lubang mata berongga.

2. Suster Ngesot

Banyak yang percaya bahwa sosok Suster Ngesot pertama kali muncul di Rumah Sakit jalan Salemba, Jakarta.

Banyak yang percaya bahwa sosok ini adalah wanita yang diperkosa oleh seorang pria.

Setelah diperkosa, wanita yang dipercaya berprofesi sebagai suster ini, dibunuh dengan cara yang cukup sadis.

Sebelum dibunuh, kaki wanita ini dilukai hingga dirinya tidak bisa berjalan.

Karena itu dia menjadi hantu Suster Ngesot yang tidak bisa berjalan.

Baca Juga : Kasus Kematian Yang Diduga Oleh Hantu

3. Sundel Bolong

Sesosok hantu wanita berambut panjang dan bergaun putih, tapi bagian punggungnya bolong sehingga organ dalamnya terlihat.

Sundel bolong selalu dikisahkan sebagai wanita yang tewas terbunuh karena diperkosa atau melahirkan anaknya di dalam kubur.

4. Kuntilanak

Banyak yang percaya bahwa sosok ini dulunya adalah seorang wanita hamil yang meninggal dunia.

Dalam kisah rakyat melayu, Kuntilanak digambarkan sebagai perempuan cantik yang sering muncul bersamaan dengan bau harum bunga kamboja.

Kuntilanak konon menyukai pohon tertenu sebagai tempat bersemayam.

Misalnya saja pohon waru yang condong ke samping (waru doyong).

5. Wewe Gombel

Tradisi Jawa mengatakan bahwa Wewe Gombel merupakan roh jahat yang suka menculik anak-anak yang ditelantarkan dan dibuang oleh orangtuanya.

Cerita menyebutkan bahwa Wewe Gombel dulunya merupakan seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat.

Masyarakat tersebut menuduhnya sebagai pembunuh sang suami yang tengah berselingkuh dengan wanita lain.

Cerita lain menyebutkan bahwa hantu ini disebut Wewe Gombel karena dia sering muncul di daerah Gombel, Semarang.

6. Hantu Jeruk Purut

TPU Jeruk Purut, Jakarta dipercaya dihuni oleh sesosok hantu yang menyeramkan.

Pada tahun 1986, ada seorang pastur tanpa kepala yang melintas di pemakanan karena ingin mencari makamnya.

Mitos mengatakan bahwa jika kamu ingin melihat pastur tanpa kepala ini, kamu harus datang ke Jerut Purut dalam jumlah ganji (Sendiri atau tiga orang).

7. Genderuwo

Dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai makhluk halus dengan wujud tinggi besar, kekar, dan dipenuhi bulu lebat.

Dia suka tinggal di pohon besar yang teduh atau sudut lembab yang gelap.

Banyak kisah yang mengatakan bahwa Genderuwo suka mengubah fisiknya menjadi seorang pria tampan.

Dia akan menggoda wanita yang ditemuinya, lalu menghamili wanita tersebut.